Sukses

Beauty

Sering PMS? Kamu Berisiko Terkena Penyakit Ini di Masa Depan

Pusing, pening, dan pegal-pegal menjelang haid sudah umum dikenal sebagai premenstrual syndrome (PMS). Saat kita sedang PMS, badan rasanya akan sakit semua. Dan kalau kamu sering mengalami PMS, ada risiko penyakit lain yang mengintaimu di masa yang akan datang.

Dilansir dari laman huffingtonpost.com, menurut sebuah penelitian terbaru, wanita yang sering mengalami PMS memiliki risiko besar terkena tekanan darah tinggi di masa depan. Para peneliti menemukan wanita yang sering mengalami PMS punya peluang 40 persen lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi 20 tahun mendatang dibandingkan wanita yang hanya mengalami sedikit gejala menstruasi. Tekanan darah tinggi sendiri bisa jadi risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke.

"Sepanjang pengetahuanku, ini adalah penelitian besar dan jangka panjang pertama yang menyimpulkan bahwa PMS memiliki kaitan dengan risiko gangguan kesehatan kronis di masa depan," kata Elizabeth Bertone-Johnson, pakar epidemiologi di University of Massachusetts di Amherst.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mencari tahu hubungan antara PMS dan risiko tekanan darah tinggi pada sekitar 1.250 wanita yang secara klinis mengalami PMS antara tahun 1991-2005, dan pada sekitar 2.500 wanita yang mengalami sedikit masalah PMS.

Para wanita yang dijadikan subjek penelitian tersebut berusia 25-40 tahun di awal penelitian. Para peneliti memantau mereka selama 6-20 tahun. Di awal penelitian dan setiap dua tahun sekali, para wanita ditanya apakah mereka mendapat diagnosis menderita tekanan darah tinggi dari dokter. Para peneliti menemukan kaitan antara tekanan darah tinggi dan PMS paling banyak dialami wanita yang berusia di bawah 40 tahun. Para wanita di kelompok usia tersebut yang sering mengalami PMS punya risiko tiga kali lebih besar terkena tekanan darah tinggi dibandingkan wanita dari kelompok usia yang sama yang jarang mengalami PMS.


Dari penelitian tersebut, sangat disarankan bagi para wanita yang sering mengalami PMS untuk mengecek apakah ia punya risiko terkena tekanan darah tinggi. Apalagi kini penyakit hipertensi bahkan sudah banyak dialami wanita di usia mudanya.

Lalu apa sebenarnya kaitan antara PMS dan risiko penyakit tekanan darah tinggi? Para penulis penelitian tersebut menyimpulkan kalau perbedaan pembuluh darah lah yang jadi penyebabnya. Pembuluh darah wanita yang sering PMS dan jarang PMS berbeda. Dan wanita yang sering PMS punya risiko besar mengalami tekanan darah tinggi.

Tapi tak perlu khawatir berlebih kalau kamu termasuk wanita yang sering PMS, Ladies. Konsumsilah vitamin B yang cukup sepertiu thiamine dan riboflavin untuk menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi di masa depan.

"Meningkatkan asupan vitamin B pada wanita yang mengalami PMS bisa mengurangi rasa sakit gejala menstruasi dan juga menurunkan risiko hipertensi," tulis para ilmuwan di penelitiannya yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading