Sukses

Beauty

Punya Kebiasaan Tidur Larut Malam di Akhir Pekan? Hentikan! Ini Alasannya

Karena besok adalah hari Minggu dan kamu sedang libur, maka kamu memutuskan untuk tidur larut malam nanti. Alasannya sih sederhana, kamu nggak mau melewatkan malam panjang kamu di akhir pekan ini dan kamu pun tak akan khawatir jika besok pagi kamu telat bangun. Bagi kamu yang beranggapan seperti ini, kamu harus menghentikan anggapan ini dan usahakan untuk tetap tidur tepat waktu seperti biasanya.

Dikutip dari laman asiantown.net, tidur larut malam di akhir pekan justru bisa membuat kesehatan kamu makin menurun. Tidur larut malam juga memungkinkan meningkatkan risiko diabetes dan serangan jantung. Baru-baru ini, sebuah study yang dilakukan di University of Pittsburgh menunjukkan jika tidur larut malam akan membuat kondisi kesehatan makin buruk. Apalagi, jika tidur larut malam ini hanya dilakukan 1 kali dalam satu minggu.

Tidur larut malam bisa memicu berbagai macam penyakit | Photo: Copyright Thinkastockphotos.com

Menurut penelitian yang ada, tidur larut malam akan memungkinkan seseorang bangun telat di pagi. Jika kebiasaan ini berlanjut, maka organ dalam tubuh tak bisa bekerja dengan baik seperti apa yang seharusnya. Patricia Wong, seorang penelitian dari University of Pittsburgh mengungkapkan,

"Orang-orang yang memiliki jadwal tidur berantak dan terbiasa tidur larut malam di akhir pekan akan lebih mudah terkena serangan berbagai penyakit. Mereka yang tidur larut malam juga akan bangun telat di pagi hari. Dengan kebiasaan ini, mereka bisa sangat rentan terkena serangan jantung, diabetes dan penyakit berat lainnya."

Para peneliti melakukan penelitian setidaknya terhadap 447pekerja. Dan dari sampel yang ada, 83 persen di antara mereka mengalami gangguan kesehatan. Mereka yang mengalami gangguan kesehatan ini sering kali tidur larut malam. Bukan hanya itu saja, mereka yang mengalami gangguan kesehatan adalah mereka yang bekerja di shift malam. Dari sampel yang diteliti, mereka yang memiliki pola tidur stabil setiap hari dinyatakan lebih sehat dari mereka yang jadwal tidurnya berantakan atau memilih tidur larut di akhir pekan.

So Ladies, jika selama ini kamu suka tidur larut malam di akhir pekan, usahakan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Usahakan untuk membenahi cara tidur kamu. Dengan memiliki pola tidur yang stabil setiap hari, kamu justru akan lebih sehat, lebih bugar dan lebih bahagia. Dengan memiliki pola tidur yang stabil setiap hari pula, kamu akan menjadi lebih nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading