Sukses

Beauty

Penting! Kalau Tubuhmu Gemuk, Awali Olahragamu dengan Cara Ini

Punya tubuh gemuk bukan berarti jadi alasan untuk nggak olahraga. Meski gemuk, kita tetap perlu menjaga kesehatan. Cuma saja nggak bisa dipungkiri kalau kadang kita malas olahraga hanya karena susah untuk menggerakkan badan.

Orang yang bertubuh gemuk memang perlu memberi perhatian ekstra saat olahraga. Dilansir dari laman prevention.com, Stuart Miller, MD, ahli ortopedi dari Baltimore mengatakan, "Nyeri sendi dan kaki merupakan masalah yang umum." Ia memaparkan hal tersebut berdasarkan survei 6.000 orang dewasa yang ada menghubungkan tingginya angka indeks massa tubuh dan nyeri kaki serta pergelangan kaki.

Agar kamu bisa dapat manfaat optimal olahraga dan tak mengalami cedera, baiknya awali olahragamu dengan cara ini. Let's check this out!

    Jangan Terburu-Buru

    "Mulai dari hanya 10 menit per hari," Miller menganjurkan. Jangan terburu-buru langsung memasang target olahraga yang tinggi. Mulai dari yang mudah terlebih dahulu. Baru kalau tubuh sudah terbiasa, waktu olahraga bisa ditingkatkan jadi satu jam atau bahkan lebih per harinya.

    Hindari yang Berhubungan dengan Angkat Beban

    Sebelum melakukan olahraga yang berat atau angkat beban, coba lemaskan otot-otot tubuh dengan olahraga ringan. Misalnya olahraga sepeda, lari, atau berenang. Tujuannya agar sendi-sendi tubuhmu tidak sakit atau nyeri.

    Pemanasan

    Lakukan pemanasan atau peregangan (stretching) di area kaki dan tumit khususnya demi menghindari fasiitis plantar. Gerak-gerakkan dulu kaki hingga terasa lebih nyaman. Jangan keburu olahraga berat kalau belum melakukan pemanasan yang cukup, ya Ladies.

    Gunakan Sepatu yang Nyaman

    Agar berat badanmu "tak menghambatmu" untuk bergerak, pilih sepatu olahraga yang nyaman. Pilih sol sepatu yang bisa menopang berat badanmu dengan rata dan seimbang.



Sepintas tips-tips di atas seperti tips biasa saja, ya Ladies. Tapi semua itu sangat penting dan krusial buatmu khususnya yang bertubuh gemuk. Agar terhindar dari cedera dan tetap nyaman saat olahraga, perlu persiapan dan cara memulai olahraga yang tepat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading