Sukses

Beauty

Benarkah Permen Karet Nyangkut Di Perut Jika Tertelan? Ini Yang Terjadi Pada Perut

Kamu pasti pernah mendengar dari banyak orang bahwa permen karet yang tertelan akan menyebabkan usus buntu dan lain sebagainya kan? Seakan-akan hukumnya haram menelan permen karet, dan banyak orang pasti akan mewanti-wanti agar jangan sampai menelan permen karet.

Namun mitos seperti itu ternyata tidak benar lho Ladies. Menurut Gerry Mullin, M.D., seorang profesor medis, mengatakan bahwa sebenarnya tubuh kamu bisa memecah beberapa komponen yang ada di dalam permen karet seperti gula dan perasa makanan, selebihnya akan dibuang melalui sistem pembuangan.

Hal yang tidak bisa dicerna usus kamu adalah komponen permen karet itu sendiri karena merupakan benda yang tidak dapat larut seperti biji atau kulit buah, jadi tubuh akan membuangnya dari tubuh. Meski memang membutuhkan waktu lebih untuk dikeluarkan dari tubuh, tapi tidak seperti cerita-cerita orang bahwa permen karet akan menempel di usus dan lengket serta menyebabkan kebuntuan pada usus. Jadi tak perlu khawatir.

Namun masih berlakukan larangan menelan permen karet? Permen karet bisa jadi menimbulkan masalah pencernaan jika kamu punya penyakit Crohn's di mana usus akan mengecil dan susah mencerna makanan. Dan kamu mungkin akan mengalami efek samping seperti konstipasi, kram perut dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Jadi, masih bolehkah menelan permen karet? Daripada membuang waktu menelan barang yang tak bisa dicerna tubuh, sebaiknya tak usah ditelan. Lagipula kamu tak akan mendapatkan nutrisi apa pun dari permen karet jika menelannya meski memang permen karet tidak akan lengket di usus.
 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading