Sukses

Beauty

6 Gejala Diabetes Yang Harus Kamu Waspadai

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya kelainan sistem insulin pada tubuh. Hal ini ditandai dengan berlebihnya kadar glukosa di dalam darah. Umumnya, diabetes sendiri terdiri dari dua tipe yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya dikenal sebagai diabetes remaja. Hal ini terjadi karena diabetes tipe 1 umum terjadi pada seseorang di bawah usia 40 tahun atau juga para remaja. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 biasanya diderita oleh seseorang yang telah berusia 35 tahun ke atas. Meski begitu, keduanya masih berhubungan dengan gula darah berlebih dalam tubuh.

Lantas, kira-kira bagaimana untuk mengetahui bahwa tubuh kita berisiko diabetes? Dilansir dari laman diabates.org.uk, sebenarnya ada beberapa gejala diabetes yang bisa kita rasakan sendiri di rumah. Gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Sering Buang Air Kecil

    Dari hasil riset menyebutkan jika para penderita diabetes akan lebih sering buang air kecil. Di siang hari atau pun malam hari, aktivitas buang kecil ini bahkan bisa dilakukan 2 kali dalam satu jam. Jika kamu mengalami hal ini, periksakan diri ke dokter dan cari tahu tentang kesehatan kamu.

    Beberapa Bagian Tubuh Mengalami Mati Rasa

    Gejala selanjutnya yang bisa dirasakan adalah beberapa bagian tubuh mengalami mati rasa. Beberapa bagian tubuh tersebut antara lain adalah tangan, kaki dan jari. Mati rasa atau seperti kesemutan ini sendiri terjadi karena peningkatan gula darah sering kali membuat serabut saraf pada beberapa bagian tubuh tersebut mengalami kerusakan.

    Berat Badan Turun Drastis (Padahal Tidak Sedang Diet)

    Biasanya, mereka yang berisiko mengalami diabetes akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Padahal, saat itu tidak sedang melakukan diet atau program penurunan berat badan. Turunnya berat badan secara drastis untuk penderita diabetes sering kali terjadi karena tubuh tak mampu menyerap glukosa atau sumber energi dengan benar.

    Haus Yang Berlebihan

    Jika kamu mengalami haus yang berlebihan setiap hari padahal tidak sedang melakukan pekerjaan berat atau tidak berada di tempat yang berhubungan langsung dengan sinar terik matahari, kamu perlu waspada Ladies. Mengingat penderita diabetes sering buang air kecil, hal inilah yang membuatnya merasa haus berlebihan untuk mengganti cairan dalam tubuh yang hilang karena buang air kecil.

    Pemulihan Luka Yang Lambat

    Gejala dari risiko diabetes yang perlu kita tahu selanjutnya adalah pemulihan luka yang lambat. Mengingat sistem imun lemah dan sistem kekebalan tubuh yang tidak normal akibat diabetes, hal ini sering kali memicu luka yang terdapat di dalam tubuh tak bisa pulih dengan cepat. Jika kamu mengalami hal ini, usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter dan cari tahu masalah kesehatan kamu.

    Mudah Lelah Dan Mudah Emosi

    Satu lagi gejala yang bisa dengan mudah kamu rasakan ketika berisiko diabetes adalah mudah lelah dan mudah emosi. Perasaan ini sering terjadi karena saat tidur, mereka yang menderita diabetes tak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Biasanya, mereka akan terbangun untuk buang air kecil atau minum karena kehausan.


Itulah sedikitnya 6 gejala dari diabetes yang bisa kamu rasakan sendiri di rumah dan harus kamu waspadai. Selain gejala di atas, gejala lain yang juga kerap terjadi adalah adanya gangguan kesehatan pada gusi, kulit menjadi tidak sehat (bersisik, kasar dan kering), nafsu makan meningkat meski berat badan terus berkurang dan penglihatan mulai kabur atau buram.

Jika kamu mengalami beberapa gejala di atas, usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter sedini mungkin ya. Dengan mengenai masalah kesehatan kamu sejak dini, perawatan dan pengobatan yang bisa dilakukan juga bisa lebih mudah. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih. :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading