Sukses

Beauty

Benarkah Konsumsi Gula Adalah Agen Utama Penyakit Diabetes?

Ladies, diabetes adalah salah satu penyakit yang berisiko besar menuju ke penyakit komplikasi lain yang berbahaya, misalnya gagal ginjal. Banyak mitos yang beredar seputar penyakit ini, salah satunya adalah konsumsi gula berlebih sebagai penyebabnya. Namun apakah hal ini sepenuhnya benar?

Dilansir oleh diabetes.org, jawaban atas pertanyaan apakah konsumsi gula adalah pemicu penyakit diabetes tidak dapat disimpulkan dengan sederhana. Pasalnya, munculnya penyakit diabetes dalam diri seseorang tak melulu karena faktor makanan, tetapi juga keturunan dan gaya hidup.

Kelebihan berat badan (obesitas) berkaitan dengan konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh. Kasus ini erat kaitannya dengan diabetes tipe 2. The American Diabetes Associaton menyarankan agar masyarakat membatasi konsumsi minuman-minuman yang mengandung gula untuk mencegah diabetes. Minuman-minuman ini mengandung gula dalma jumlah sangat banyak tanpa kita sadari, misalnya:

  • Minuman soda
  • Fruit punch
  • Minuman rasa buah dalam kemasan
  • Minuman penambah energi
  • Sport drink (minuman untuk pengganti energi atau cairan tubuh sehabis olahraga)
  • Teh manis
  • Susu manis dalam kemasan

Satu cangkir fruit punch mengandung sekitar 100 kalori (bahkan lebih!) dan 30 gram karbohidrat. Yang mengejutkan lagi, sekitar 1 kaleng soda ukuran 12 ons mengandung 150 kalori dan 40 gram karbohidrat. Ini sama dengan 10 sendok teh gula! Wah bisa dibayangkan betapa banyak kalori yang masuk dan mengendap dalam tubuh kita setelah meminumnya ya, Ladies.

Meski bukan penyebab utama penyakit diabetes, tetapi pembatasan konsumsi gula perlu dilakukan sejak dini. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading