Sukses

Parenting

6 Cara Mendeteksi Kanker Payudara Saat Masa Kehamilan

Sebagai wanita dan calon ibu yang peduli dengan kesehatan, kamu perlu melakukan banyak tes sebelum merencanakan kehamilan. Salah satu hal yang perlu diwaspadai saat masa kehamilan adalah deteksi dini kanker payudara.

Setiap wanita mungkin saja punya potensi besar terserang kanker payudara, dan tidak menutup kemungkinan serangan itu terjadi saat masa kehamilan. Nah, untuk langkah pencegahan, ada baiknya kamu melakukan deteksi dini kanker payudara selama hamil, dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

    Self evaluation

    Pemeriksaan secara pribadi di rumah adalah langkah awal yang bagus untuk mendeteksi gejala kanker payudara. Meski tidak akurat, namun meningkatkan  kewaspadaan dengan cara memeriksa bagian payudara, lalu memastikan ada tidaknya benjolan akan membuat kamu lebih tenang.

    Mammograph

    Mammograph menggunakan sinar X untuk mendeteksi bagian dalam payudara. Saat melakukan penyinaran, penting sekali menghindari radiasi pada bagian perut, jadi pastikan dokter memeriksa hanya pada bagian payudara saja.

    Ultrasosnografi

    Pemeriksaan ini dilakukan untuk membedakan jaringan padat payudara dan kistik sehingga dokter mengetahui adanya jaringan yang tumbuh tidak normal di dalam payudara.

    Biopsi

    Pemeriksaan biopsi mungkin diperlukan untuk pemeriksaan lebih detail. Biasanya cairan tubuh atau sedikit jaringan tubuh akan diambil untuk pemeriksaan lab. Ini adalah salah satu deteksi paling efektif kanker payudara.

    MRI Payudara

    Dengan bantuan gelombang radio dan magnetik, proses pemeriksaan ini bisa memberikan hasil yang detail. Cara ini membantu dokter menemukan ada tidaknya jaringan abnormal yang berkembang di payudara.

    Pathologi

    Pemeriksaan pathologi bisa jadi cara efektif melihat kondisi payudara selama kehamilan dan dengan bantuan hormon yang tidak seimbang, justru bisa membedakan ada tidaknya sel-sel abnormal yang tumbuh di payudara.

Karena penyakit ini memiliki kecenderungan tumbuh lebih cepat dan terkadang sulit dideteksi karena adanya perubahan hormon yang signifikan saat masa kehamilan, pastikan kamu mendapatkan pemeriksaan dokter untuk kemungkinan gejala kanker payudara selama kehamilan ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading