Sukses

Beauty

Sering Telat Haid, Penyebabnya Bisa dari 9 Hal Tak Disadari Ini

Sering telat haid? Kadang haid yang tak teratur bisa bikin kita cemas dan was-was. Memang ada baiknya kita memeriksakan diri ke dokter kalau haid sering telat atau tak teratur.

Tapi sebelum pergi ke dokter, coba cek dulu deh. Apakah kamu mengalami hal-hal yang disebutkan di bawah ini? Jangan-jangan penyebab utama haid sering telat itu karena hal-hal tak terduga di bawah ini.

    Mengidap Anoreksia dan Bulimia

    Penderita anoreksia atau bulimia juga mengalami keterlambatan haid. Haid tidak teratur dan jumlahnya kadang hanya sedikit.

    Tubuh yang Sering Divorsir dan Kelelahan

    Kelelahan tubuh akibat aktivitas yang meningkat juga mengakibatkan keterlambatan haid. Umumnya kalau sudah haid, disertai rasa nyeri luar biasa.

    Berat Badan yang Turun Drastis

    Mereka yang doyan melakukan program diet dan mengalami penurunan berat badan ekstrim umumnya akan terganggu menstruasinya. Tanggal haid juga tidak teratur, bisa maju dan bisa mundur.

    Stres

    Stres akibat pekerjaan atau problem sehari-hari juga dapat menyebabkan haid jadi terlambat. Jumlah haid yang keluar juga tidak selalu seimbang, bisa sangat sedikit atau malah banyak.

    Tubuh dalam Keadaan Kurang Fit

    Sakit tertentu menyebabkan haid jadi terlambat, terutama apabila mengonsumsi beberapa resep obat yang mempengaruhi haid.

    Mengonsumsi Narkoba/Obat-Obatan Terlarang

    Mereka yang aktif mengonsumsi obat-obatan terlarang juga pasti mengalami problem akan haid. Gangguan haid lebih sering dialami dan umumnya jadwal haid yang tidak karuan.

    Sedang dalam Masa Menyusui

    Wanita menyusui juga tidak mengalami jadwal haid yang tepat. Umumnya selalu terlambat dan mungkin jumlahnya hanya sedikit. Tenang saja. ini normal dialami oleh para ibu menyusui.

    Bolak-Balik Melakukan Perjalanan Jauh

    Kamu sering bolak balik dan melakukan perjalanan jauh? Nah, tubuh tentunya merasakan kelelahan. Kelelahan inilah yang akan mempengaruhi pembuahan dalam rahim, dan pelepasan telur terlambat oleh karenanya.

    Gangguan Hormon

    Gangguan pada hormon juga menyebabkan jadwal haid jadi terganggu. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk memperlancar haid dalam kasus ini.

Kalau sering telat haid dan disertai rasa nyeri yang teramat menyiksa, segera hubungi dokter, ya Ladies. Kalau haid teratur dan lancar, menjalani aktivitas sehari-hari pasti akan lebih nyaman dan tenang.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading