Sukses

Beauty

4 Makanan Enak Ini Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Bicara tentang kanker payudara, ada 2 kabar nih Ladies yang ingin disampaikan oleh Drozthegoodlife.com. Pertama adalah kabar buruk, yaitu bahwa tidak makanan yang bisa mencegah atau menyembuhkan segala jenis kanker, termasuk kanker payudara. Namun kabar baiknya adalah, banyak sekali makanan sehat yang bisa meningkatkan kesehatan kamu, sekaligus mengurangi risiko terserang kanker, termasuk kanker payudara.

Menurut Alexandra Rothwell, RD, CDN, kelebihan berat badan adalah salah satu pemicu terserang kanker payudara, Ladies. Jadi untuk menurunkan risiko terserang penyakit tersebut, kuncinya ada pada makan makanan sehat dan menurunkan berat badan. Selain itu, peradangan juga sering dikaitkan baik dengan kanker payudara, maupun dengan kelebihan berat badan. Karena itulah, Dr. Alexandra menyarankan kamu untuk memilih makanan yang dapat mengontrol tekanan gula darah dan mencegah peradangan. Misalnya adalah makanan berikut ini:

    Minyak Zaitun

    Minyak zaitun memang sudah sangat terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan, termasuk untuk mengurangi risiko kanker payudara. Dalam penelitian yang dilakukan pada September 2015, ditemukan bahwa menambahkan 4 sendok makan minyak zaitun dalam makanan yang mengandung banyak buah dan sayur akan mengurangi risiko kanker payudara hingga 68 persen! Wow!

    Ikan

    Salmon, sarden dan makerel adalah jenis ikan yang disarankan oleh Dr. Alexandra, karena ketiganya kaya asam lemak omega-3. Makanan yang mengandung banyak omega-3 bisa mencegah peradangan, Ladies.

    Buah dan Sayur

    Diet dengan hanya makan sayur seringkali dihubungkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah. Menurut Eastern Mediterranean Health Journal, hal ini karena semakin banyak senyawa antioksidan dalam makanan, maka semakin rendah pula risiko terserang kanker payudara. Plus, kandungan serat dipercaya mampu meningkatkan kemampuan anti oksidan untuk mengurangi risiko kanker payudara. Keren kan?

    Dr. Alexandra menyarankan kamu untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran seperti brokoli, kubis, bunga kol, bawang-bawangan, dan jamur-jamuran. Sedangkan untuk buah, usahakan untuk tetap mengkonsumsi buah yang rendah gula, misalnya buah beri. Dan batasi konsumsi buah yang kaya gula seperti mangga, pisang, dan nanas agar tekanan gula darah kita tetap normal.

    Kedelai

    Kedelai memang seringkali justru dikatakan sebagai pemicu kanker payudara. Tapi hal itu tidak sepenuhnya benar, Ladies. Beberapa penelitian (salah satunya adalah yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition) justru telah membuktikan manfaat kedelai untuk mengurangi risiko kanker payudara. Namun memang ada pengecualian. Jika kamu merupakan pembawa mutasi gen BRCA2, maka benar, kedelai justru akan menjadi pemicu kanker payudara.

Jadi tetap ya, Ladies, kuncinya adalah makanan sehat sederhana yang tentu saja banyak kita jumpai di makanan Indonesia.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading