Sukses

Beauty

Astaga, Ternyata 6 Hormon Ini Penyebab Wanita Gemuk

Hormon adalah salah satu senyawa penting yang dibutuhkan tubuh, mengatur suasana hati, menstruasi, kehamilan, menopause dan bahkan keinginan makan. Dan tahukah, bahwa sebenarnya banyak wanita mengalami kesulitan menurunkan berat badan karena hormon.

Dikutip dari boldsky.com, Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kenaikan berat badan pasti ada hubungannya dengan pre-menstrual syndrom (PMS). Tapi hormon apa saja yang berpotensi menggemukkan badan ini? Berikut ini sekian hormon tersebut.

    Hormon kortisol

    Hormon jenis ini disebut juga hormon stres. Ketika seorang wanita tertekan dan kadar stresnya tinggi, maka kadar hormon ini juga meningkat, yang mana seringkali ditandai dengan meningkatnya nafsu makan. Jadi ketika stres, cara mengatasinya agar tak lari ke makanan adalah dengan jalan kaki dan rilekskan pikiran.

    Hormon testosteron

    Beberapa wanita yang mengalami Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), gangguan reproduksi yang menyebabkan tingginya produksi hormon testosteron di tubuh ini akan menimbulkan kecenderungan tubuh wanita jadi gemuk, tumbuhnya rambut di wajah dan lain sebagainya.

    Hormon estrogen

    Hormon estrogen akan menurun ketika wanita memasuki menopause, dan hal ini menyebabkan wanita mengalami kenaikan berat badan, terutama di bagian perut. Kamu bisa menandainya pada ibu-ibu yang sudah umur 50 tahun-an.

    Hormon insulin

    Hormon yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah ini juga bisa jadi penyebab kegemukan karena insulin berfungsi memproses gula dan karbohidrat dari makanan sehingga bisa digunakan lebih baik. Ketika insulin tak bisa melaksanakan tugasnya, gula dan karbohidrat akan ditumpuk jadi lemak.

    Hormon progesteron

    Sama halnya seperti estrogen, hormon progesteron ini juga kan lebih berpengaruh menggemukkan badan saat wanita menopause. Ketika kadar progesteron turun, tubuh lebih rentan menumpuk lemak dan air sehingga terlihat gemuk.

    Hormon tiroid

    Jika kamu mengalami hypothyroidism, potensi kegemukan akan lebih besar. Melakukan diet bermacam-macam pun tidak begitu berhasil. Di samping itu, kamu juga akan merasa cepat lelah, kulit kering dan sering mengalami konstipasi.

Bukan berarti kamu gak bisa langsing, pastikan saja untuk terus menerapkan hidup sehat, rajin olahraga dan menjaga pola makan yang sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading