Sukses

Beauty

Ingin Makan Cokelat = Kamu Lagi Badmood Parah (Plus Makanan Lain dan Artinya)

Rasanya sedang ingin sekali makan makanan tertentu. Atau kita biasa menyebutnya dengan ngidam, layaknya ibu hamil, meskipun Anda tidak sedang hamil. Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa itu hanyalah sekedar keinginan. Lapar mata, atau lapar mulut. Padahal, ternyata hal itu ada hubungannya dengan kesehatan atau kondisi lain dalam tubuh Anda lho, seperti yang dikatakan oleh Cosmopolitan.com.

Dan fakta yang lebih mengejutkan adalah, rasa ingin makan sesuatu itu ternyata disesuaikan oleh tubuh Anda, dengan apa yang dibutuhkan tubuh. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa makanan yang ingin Anda makan dan hubungannya dengan kesehatan serta apa yang dibutuhkan tubuh, menurut Joseph Colella, M.D..

(vem/reg)

Cokelat

Saat Menjelang Menstruasi, Hamil, atau Badmood
Wanita menyadari bahwa cokelat mengandung banyak kalori dan lemak, jadi secara sadar atau tidak sadar, mereka cenderung menggunakan momen-momen tersebut sebagai kesempatan untuk makan cokelat. Bisa juga karena alam bawah sadar membuat Anda ingin makan cokelat, karena cokelat mengandung senyawa yang dapat memperbaiki mood.

Sedang Diet Ketat
Pertama, karena manusia memiliki kecenderungan semakin dilarang, maka semakin ingin makan. Kedua, saat diet dan kelaparan, tubuh akan secara otomatis menginginkan cokelat, karena cokelat mengandung banyak kalori, makanan yang sempurna untuk meredakan kelaparan. Selain itu, cokelat yang meleleh pada suhu tubuh akan menimbulkan sensasi luar biasa di mulut, yang dirindukan mulut Anda saat diet.

Permen

Didasari keinginan kuat untuk makan makanan yang mengandung gula atau makanan manis.

  • Gejala diabetes
  • Menjelang menstruasi, atau sedang menstruasi
  • Sebagai respon karena terlalu banyak makan karbohidrat
  • Sedang stres

Pasta

Ini tanda bahwa Anda sebenarnya ingin makan makanan manis lho! (Lihat poin 2).

Es Krim

Gangguan Asam Lambung
Produk olahan susu yang creamy cenderung memberikan sensasi menenangkan.

Lelah
Es krim mengandung gula alami dari susu yang mampu menambah energi. Ini juga merupakan informasi menarik, jika Anda lelah, mungkin es krim bisa jadi pilihan makanan. Bahkan es krim rendah lemak sekalipun masih mengandung gula alami dari susu.

Makanan Asin, Misalnya Keripik Kentang

Dehidrasi
Haus seringkali ditutupi oleh rasa lapar. Saat dehidrasi, Anda akan cenderung ingin makan makanan asin, karena garam dapat mengikat dan mempertahankan air. Ini bisa juga artinya Anda kurang minum, atau kehilangan banyak cairan akibat berkeringat, atau diare.

Stres
Saat stres, Anda akan ingin makan makanan yang renyah, karena makanan renyah dapat melepaskan stres.

Daging, Misalnya Steak atau Burger

Kurang Protein
Khususnya bagi Anda yang vegetarian, atau memang kurang mendapat asupan protein.

Kekurangan Zat Besi atau Vitamin B
Menstruasi parah biasanya membuat Anda kekurangan zat besi. Saat keinginan untuk makan daging begitu besar, bisa berarti itu karena Anda memang kekurangan nutrisi tersebut.

Kentang Goreng atau Gorengan Lain

Kurang Tidur
Saat kurang tidur, Anda akan merasa lemah dan tidak bertenaga. Karena makanan dapat menambah energi, antara lelah dan lapar memang menjadi sulit dibedakan. Saat bangun di pagi hari dan ingin makan makanan yang digoreng, otak Anda tahu bahwa makanan itu akan memberikan sensasi kenyang, meski hanya sementara. Tapi akan lebih baik jika Anda memuaskan rasa lapar sekaligus lelah itu dengan makanan yang mengandung lemak baik, bukan gorengan.

Keju

Sebenarnya Ingin Makan Makanan Manis
Anda mungkin berpikir bahwa keju adalah sumber yang baik untuk lemak dan protein. Namun otak tahu lebih banyak, bahwa keju juga mengandung gula alami dari susu.

Kurang Kalsium dan Vitamin D
Keju dan produk olahan susu lain mengandung banyak sekali kalsium dan vitamin D. Meski tubuh bisa memproduksi vitamin D sendiri jika Anda terpapar sinar matahari langsung, namun jika Anda bekerja di dalam ruangan, Anda akan kekurangan vitamin D. Tak heran jika Anda ingin makan keju.

Betapa luar biasanya tubuh dan otak, saat mereka menerjemahkan apa yang dibutuhkan tubuh menjadi sesuatu yang ingin Anda makan. Amazing!

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading