Sukses

Beauty

Ladies, Mari Mengenal Talasemia Dan Gejalanya

Sejalan seiring dengan perkembangan zaman, rupanya medis telah menemukan banyak penyakit yang siap menyerang siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Dan salah satu penyakit tersebut adalah Talasemia. Memang, penyakit satu ini belum begitu populer di kalangan masyarakat. Hal ini sendiri terjadi karena tidak banyak orang yang menyadari adanya risiko Talasemia dalam tubuh. Kali ini, kami akan memberikan ulasan seputar Talasemia dan apa saja gejala yang ditunjukkan tubuh ketika mengidap Talasemia.

Apakah Talasemia Itu?

Dilansir dari laman healthline.com, Talasemia merupakan suatu penyakit kelainan darah di mana tubuh tidak memproduksi hemoglobin secara normal atau kurang. Penyakit ini biasanya bersifat genetik (keturunan) karena kerusakan DNA dan akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan pembuatan salah satu dari keempat rantai asam amino dalam darah yakni hemoglobin. Karena ketidakseimbangan inilah, Talasemia sering kali menyebabkan penderitanya mengalami anemia.

Penderita Talasemia biasanya akan mudah merasa lelah, kurang bersemangat dan bahkan sesak nafas. Penyakit ini sendiri ada yang ringan (Talasemia Minor) dan juga ada yang berat (Talasemia Mayor). Jika seseorang mengalami Talasemia berat, hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan organ lain dalam tubuh dan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan saat berada pada fase ringan, penderitanya akan sering kali merasa lelah, kurang nafsu makan dan mengalami infeksi. Selain ringan dan berat, penyakit ini juga ada yang Intermedia. Talasemia Intermedia bisanya berada pada fase antara berat dan ringan. Pada kondisi ini, penderitanya bisa mengalami pembengkakan limpa atau deformalitas tulang.

Lalu, Apa Saja Gejala Talasemia?
Gejala dari Talasemia biasanya muncul sesuai dengan tipe atau seberapa parah penyakit tersebut. Ada beberapa penderita Talasemia yang mengaku tidak mengalami gejala serius sebelum ia dinyatakan menderita Talasemia. Meski begitu, gejala yang paling sering dialami oleh penderita Talasemia di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mudah lelah
  • Terlihat pucat
  • Lemah dan lesu
  • Tidak nafsu makan 
  • Kelainan bentuk tulang wajah
  • Pertumbuhan dan perkembangan yang lambat 
  • Pembengkakan perut karena limpa mengalami masalah 
  • Urin yang memiliki warna cenderung lebih gelap dari biasanya


Ladies, itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Talasemia. Jika Anda atau buah hati merasakan gejala di atas, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan dapatkan pengobatan terbaik. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa mengancam nyawa seseorang. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading