Sukses

Beauty

Ladies, Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Berhenti Minum Kopi

Penelitian menyebutkan bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein. Kafein sendiri dipercaya memiliki beberapa pengaruh baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan takaran yang pas. Namun sebaliknya, kafein pada kopi juga bisa berubah menjadi sangat berbahaya jika ia dikonsumsi secara berlebihan. Karena bahaya inilah, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk berhenti minum kopi.

Tapi tahukah Anda, saat seseorang memutuskan berhenti minum kopi, akan ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh. Seperti dilansir dari laman prevention.com, inilah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ketika seseorang memutuskan berhenti minum kopi.

    Tidak Bersemangat

    Kafein memang dikenal sebagai senyawa yang mampu menumbuhkan semangat dalam diri. Jika seseorang memutuskan berhenti minum kopi, hal ini akan membuat orang tersebut merasa lelah, capek dan tidak bersemangat. Wesley Delbrigde, R.D dari Academy of Nutrition dan Dietetics mengungkapkan jika berhenti minum kopi bisa menyebabkan sakit kepala, malas, lelah dan hilang mood.

    Perubahan Berat Badan

    Menurut Delbridge, dengan mengurangi asupan kopi atau menghentikan kebiasaan minum kopi akan membuat berat badan turun ataupun naik. Hal ini terjadi karena dengan berhenti minum kopi, konsumsi kalori yang berasal dari kopi juga akan turun. Turunnya kalori bisa membuat berat badan turun secara perlahan setiap harinya. Sementara itu, berat badan juga bisa saja bertambah karena seseorang yang berhenti minum kopi akan melampiaskan dirinya dengan makan berbagai makanan.

    Kualitas Tidur Lebih Baik

    Penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan jika konsumsi secangkir kopi sebelum tidur, hal ini akan membuat seseorang susah tidur. Untuk itu, bagi yang memutuskan berhenti minum kopi, hal ini akan mempermudah tidur malam Anda dan membuat tidur tersebut semakin berkualitas.

    Pikiran Lebih Tenang

    Meskipun sebelumnya Delbridge mengatakan jika berhenti minum kopi akan menurunkan semangat, ia mengatakan jika minum kopi bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan santai. Study menyebutkan jika kafein adalah salah satu pemicu munculnya perasaan cemas dan stres dalam diri. Jika Anda berhenti minum kopi, bisa jadi Anda akan lebih tenang dan terbebas dari masalah stres.

    Sistem Pencernaan Sehat

    Apakah Anda ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat dan jauh dari masalah mual? Pastikan untuk berhenti minum kopi mulai sekarang. Beberapa study menyebutkan bahwa berhenti minum kopi akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik dan lebih cepat. Delbridge juga mengatakan jika mengurangi konsumsi kopi akan membuat perut lebih sehat.


Ladies, itulah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ketika seseorang memutuskan untuk berhenti minum kopi. Selain hal di atas, hal lain yang terjadi pada tubuh antara lain adalah, tubuh kehilangan sumber antioksidan, kurang handal dan mudah lelah saat olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading