Sukses

Beauty

10 Tips Mencintai Otak Anda Agar Terhindar Alzheimer

Sebelumnya di vemale, sudah pernah dibahas bahwa wanita memiliki potensi dua kali lipat lebih rentan terhadap Alzheimer daripada pria. Hal ini membuat para wanita harus lebih waspada dan memerhatikan kesehatan tubuh dan mentalnya.

Bukan hanya wanita saja yang memiliki risiko lebih besar, mereka yang menderita diabetes (baik tipe 1 maupun 2) juga memiliki potensi besar terserang gangguan ingatan hingga Alzheimer. Nah, apalagi Anda yang wanita dan memiliki diebetes, ladies.

Oleh karena itu, seperti dikutip dari everydayhealth.com, berikut ini ada sepuluh tips menjaga kesehatan otak agar terhindar dari Alzheimer.

1. Olahraga teratur.Ketika Anda menggerakkan tubuh, ada banyak hormon yang dilepaskan dan olahraga cukup mampu meningkatkan aktivitas dan kekuatan tulang, otot dan jantung sehingga lebih baik mengalirkan darah ke otak.

2. Berhenti merokok.Merokok tidak pernah membawa efek baik untuk kesehatan, termasuk untuk otak. Rokok juga jadi penyebab cepatnya orang mengalami pikun dan berbagai gangguan syaraf otak.

3. Jaga kepala dari benturan keras.Benturan keras atau terluka pada kepala bisa menjadi sebab seseorang mengalami gangguan pada otak dan demensia.

4. Tidur yang cukup.Otak adalah organ paling butuh istirahat saat kelelahan. Insomnia dan gangguan tidur lainnya kana mengganggu kinerja otak dan mematikan syaraf-syaraf di dalamnya sehingga mengacaukan ingatan.

5. Bersosialisasi.Jangan hidup menyendiri. Anda perlu berinteraksi dengan orang banyak untuk mengaktifkan sel-sel otak dan membantu melepas senyawa yang mengatur perasaan.

6. Pelajari hal baru.Otak akan bekerja lebih baik jika Anda melakukan hal di luar kebiasaan, belajar hal baru. Ini akan menurunkan risiko demensia atau gangguan ingatan lainnya.

7. Jaga jantung Anda.Olahraga kardio dan makan makanan yang menunjang kesehatan jantung akan membuat darah lebih sehat dan mampu mengalirkan nutrisi cukup ke otak.

8. Jaga kesehatan mental.Berliburlah atau lakukan semua hal yang membuat Anda rileks dan bahagia.

9. Hadapi tantangan.Jangan pernah mau berhenti di satu titik. Tantang diri Anda melakukan hal baru yang membuat Anda harus berusaha keras dan belajar banyak hal.

10. Konsumsi makanan sehat.Jangan lupa makan sayur dan buah kaya vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan otak.

Semua hal di atas akan membantu melindungi kebugaran otak. Yuk jaga syaraf otak dari sekarang agar jauh dari serangan Alzheimer, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading