Sukses

Beauty

Awas Ladies, Wanita Dua Kali Lipat Lebih Rentan Alzheimer Dari Pria

Pasti pernah mendengar bahwa perempuan selalu menanggapi berbagai hal dengan perasaan daripada secara akal, bukan? Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor mengapa wanita lebih rentan terhadap penyakit mental karena perasaan berhubungan erat dengan kesehatan mental dan tingkat stres wanita.

Seperti dilansir dari health.com, menurut penelitian terbaru, wanita ternyata memiliki potensi mengalami gangguan kognitif ringan dan mental hingga dua kali lipat lebih besar daripada pria dengan kondisi yang sama.

Gangguan kognitif ini terjadi di otak dan meskipun memang tidak secara langsung bisa mengganggu kehidupan sehari-hari, tetapi hal ini erat hubungannya dengan kemungkinan terjadinya penyakit Alzheimer atau demensia.

Menurut peneliti, gangguan kognitif ini lebih rentan terjadi pada wanita daripada pria, dengan tahap kehilangan ingatan, kemampuan menyimpan memori jangka pendek dan tanda-tanda penuaan kognitif lainnya. Hal ini terjadi karena wanita cenderung mengembangkan plak di otak, yang merupakan ciri khas Alzheimer dan menjadi penyebab genetik yang masih belum diketahui.

Ada yang mengajukan teori bahwa kemampuan otak wanita lebih baik dan lebih aktif dari pria sehingga penuaan pun terjadi lebih cepat pada sel-sel otak wanita. Ada juga yang berasumsi bahwa hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal yang mana kadar estrogen memengaruhi hal ini.

Untuk hal ini, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sebab pastinya mengapa wanita bisa memiliki dua kali lipat potensi mengalami gangguan kognitif dan mental yang memicu terserang Alzheimer. Anda pun harus waspada mulai sekarang dan lebih menjaga kesehatan dari sekarang ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading