Sukses

Beauty

Gatal Di Wajah Karena Alergi Make Up? Atasi Dengan 5 Bahan Alami Ini

Wanita dan make up, seakan tidak bisa terlepaskan. Banyak sekali peralatan kosmetik yang beredar di pasaran, dan banyak pula klinik-klinik kecantikan yang menyediakan pelayanan perawatan wajah. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mendukung para wanita mendapatkan wajah cantik bersih putih sesuai keinginan.Namun tidak semua produk kosmetik cocok dengan kulit setiap wanita. Itulah mengapa ada kalanya beberapa wanita mengeluhkan terjadinya ketidakcocokan dengan produk kosmetik yang mereka pakai. Umumnya, jika tidak cocok akan timbul bercak-bercak merah gatal alergi atau terjadi iritasi di wajah. Daerah yang sering terkena alergi biasanya bagian wajah, leher dan daerah sekitar telinga.Jika sudah terjadi alergi seperti ini, seperti dikutip dari diethealthclub.com, ada cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasinya dengan menggunakan bahan alami, antara lain adalah

 

Jus Lidah Buaya

Salah satu cara yang paling efektif menenangkan kulit yang sedang gatal dan meradang merah-merah adalah menerapkan jus daun lidah buaya pada daerah yang alergi. Buatlah masker lidah buaya dan biarkan hingga radang sembuh atau paling tidak 15 menit. Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan, melembabkan dan menyembuhkan. Kaya vitamin E yang dibutuhkan untuk meredakan alergi di kulit.

Air mawar

Jika Anda punya air mawar, maka membasuh wajah atau menjadikan air mawar sebagai masker juga akan meredakan radang dan ruam kulit karena alergi kosmetik. Caranya, rendam kapas di air mawar, dan tempelkan sebagai masker pada wajah dan bagian yang terkena alergi. Kemudian pijat-pijat perlahan agar meresap dan gatal cepat hilang.

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang anti-radang dan menutrisi kulit akan sangat baik meredakan radang karena alergi make up. Minyak zaitun juga akan melembabkan secara alami, namun efeknya agak lama dibandingkan lidah buaya.

Mentimun

Buah mentimun memiliki sifat mendinginkan dan melembabkan secara alami dan ampuh meredakan peradangan pada kulit alergi atau gatal-gatal. Haluskan mentimun bersama kulitnya dan rendam kapas di dalamnya. Kemudian diamkan jus mentimun di dalam kulkas selama beberapa menit. Buat masker untuk meredakan alergi.

Kantung teh

Setelah Anda menyeduh teh, jangan langsung dibuang kantung teh-nya. Anda bisa menempelkan kantung teh pada wajah yang gatal karena alergi. Usap-usapkan perlahan sambil memijat wajah. Diamkan hingga 10-15 menit untuk menghilangkan gatal dan meredakan gatal. lakukan setiap malam untuk hasil terbaik.

Gunakan Pelembap dan Sunscreen

Agar lapisan kulit tetap terlindungi pada saat ruam dan gatal, maka gunakan pelembap wajah yang berfungsi untuk melembapkan, yang mengandung hyaluronic acid, centella asiatica atau emollent. Jangan lupa gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++.

Nah, itu dia cara efektif membersihkan wajah yang gatal dan ruam merah karena alergi kosmetik atau make up. Anda bisa menerapkannya di rumah tanpa harus membeli obat. Namun yang lebih penting, hati-hati ya memakai produk kosmetik, jangan sampai alergi dan iritasi. Cantik tidak sesakit itu kok Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading