Sukses

Beauty

5 Manfaat Petai Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Petai, pete, peteh atau dengan nama apapun Anda menyebutnya, makanan yang satu ini punya banyak penggemar. Walaupun sebagian orang mengatakan bahwa petai adalah makanan kampung, petai tetap disukai, apalagi dimakan dengan sambal dan nasi hangat.

Ada juga orang yang membenci petai karena baunya yang menyengat. Namun sebagian orang menyukai aroma itu sebagai kekhasan petai. Meski dikatakan makanan kampung, ternyata petai punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir oleh healthbenefitstimes.com.

(vem/yel)

Mengatasi Depresi

Walau aroma petai bagi sebagian orang sangat mengganggu, ternyata bagi penggemarnya, mengonsumsi petai justru bisa mengurangi stres dan depresi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND, petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang dapat menghasilkan hormon bahagia dan membuat tubuh lebih santai. Jadi jangan heran jika setelah makan petai, Anda merasa lebih gembira.

Mengurangi Masalah PMS (premenstrual syndrome)

Para wanita pasti paham bagaimana tidak enaknya kondisi tubuh menjelang menstruasi dan saat menstruasi. Punggung sakit, pusing, tubuh terasa tidak enak, nyeri di perut bagian bawah.. Daripada minum pil-pil buatan pabrik, mungkin Anda bisa menikmati lalapan petai. Dalam petai mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur kadar gula darah. Sehingga suasana hati lebih tenang dan membuat tubuh lebih segar.

Menjaga Tekanan Darah

Punya masalah tekanan darah? Mungkin Anda tidak perlu mengeluarkan petai dari daftar menu makanan. Petai sangat kaya dengan kalium namun rendah garam, sehingga dapat menjaga tekanan darah dalam kondisi sehat. Bahkan, di Amerika Serikat, ada obat herbal yang terbuat dari petai untuk menjaga tekanan darah agar stabil sekaligus mencegah risiko sakit jantung dan stroke.

Meningkatkan Konsentrasi

Sering lola alias laoding lama? Mungkin Anda bisa menikmati petai. Petai mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sekitar 200 IU per 100 mg. Vitamin A adalah bahan yang baik  untuk menjaga kesehatan kornea mata. Vitamin A sendiri juga baik untuk menjaga kesehatan otak. Ditambah kalium yang juga banyak terkandung dalam petai, maka konsentrasi Anda akan terjaga, baik untuk belajar atau bekerja.

Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah hal yang memusingkan, namun bisa diatasi dengan bahan alami seperti petai. Petai mengandung banyak serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Dalam sebuah tanya jawab yang diberikan pada WHO tentang cara mengatasi sembelit, disebutkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi serat adalah caranya, salah satunya adalah petai. Saat perut Anda kekenyangan, petai dapat membantu menghilangkan rasa nyeri akibat kekenyangan.

Itulah beberapa manfaat petai. Apakah Anda salah satu penggemar makanan eksotis ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading