Sukses

Beauty

4 Alasan Kenapa Tidur Dengan Lampu Menyala Buruk Untuk Kesehatan

Siapapun akan mengatakan bahwa cahaya lampu di malam hari sangat dibutuhkan. Namun tahukah Anda, bahwa menggunakan cahaya lampu sepanjang malam atau menggunakannya untuk menerangi diri saat tidur justru tidak baik bagi kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cahaya lampu bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh, mengganggu kesehatan mata, dan bahkan berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Dilansir dari laman dailymail.co. uk, cahaya lampu yang berlebihan saat malam dipercaya mampu mengganggu konsentrasi seseorang terlebih pada anak-anak dan remaja. Bukan hanya itu saja, study yang dilakukan di salah satu Medical Center di Salem mengungkapkan bahwa wanita yang tidur dengan lampu menyala bisa memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan mereka yang memilih gelap atau memakai cahaya remang-remang saat tidur.

Dan berikut alasan kenapa tidur dengan lampu menyala dikatakan buruk untuk kesehatan. Simak baik-baik ya :)

(vem/mim)

Mengganggu Kesehatan Mata

Saat Anda memilih tidur dengan lampu menyala ketika tidur, hal ini dikatakan bisa mengganggu kesehatan mata Anda. Dalam keadaan terang terlebih terang karena adanya cahaya lampu dan mata tertutup, hal ini bisa meningkatkan kerusakan pupil mata. Dengan adanya cahaya lampu yang terang, mata masih bisa merasakan adanya cahaya di sekitarnya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan mata Anda.

Saat Anda menutup mata sedangkan masih ada cahaya di sekitar Anda, dipastikan mata Anda akan merasakan adanya cahaya tersebut. Selain hal ini mengganggu kesehatan mata, tidur dengan lampu menyala juga dikatakan mampu membuat depresi dan gelisah.

Meningkatkan Risiko Diabetes Dan Kegemukan

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa cahaya lampu saat tidur bisa menghambat pertumbuhan melatonin yang ada di dalam tubuh. Melatonin sendiri merupakan salah satu hormon yang bisa bantu daya tahan dan kekebalan tubuh meningkat. Bukan hanya itu saja, melatonin juga bisa melancarkan peredaran darah juga menghambat pertumbuhan lemak di jaringan tubuh.

Saat pertumbuhan melatonin terhambat karena efek cahaya lampu, bisa dipastikan hal ini bisa memicu peningkatan risiko diabetes dan kegemukan dalam diri seseorang. Selain mampu meningkatkan risiko diabetes atau peningkatan gula darah dan kegemukan, cahaya lampu di malam hari saat tidur juga dipercaya berisiko meningkatkan risiko jantung.

Meningkatkan Risiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti dan berbahaya. Kanker sendiri tidak memandang kepada siapa ia akan menyerang. Baik anak, orang dewasa atau orang tua nampaknya saat ini tidak luput dari bahaya kanker. Study yang dilakukan di Ohio State University Medical Centre menyebutkan bahwa cahaya buatan dari lampu bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Dan bagi wanita, kanker yang bisa dengan mudah menyerang karena kebiasaan tidur menggunakan lampu menyala adalah kanker payudara serta kanker usus. Sedangkan untuk pria, tidur dengan lampu menyala dikatakan lebih berisiko meningkatkan kanker prostat. Saat kekebalan tubuh melemah yang disebabkan melatonin tidak berkembang dengan baik, bisa dipastikan bahwa tubuh akan sangat mudah terserang kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Menyebabkan Insomnia

Suasana tidur dengan lampu menyala dan lampu redup atau mati tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Saat seseorang memilih tidur dengan lampu redup atau sedikit cahaya, hal ini bisa bantu pikiran dan suasana hati lebih tenang. Suasana serasa lebih tenang dan segar ketika memilih tidur dengan lampu redup atau mati.

Sedangkan saat tidur dengan lampu menyala, cahaya lampu akan mempengaruhi kecemasan dan suasana hati seseorang. Beberapa study menyebutkan bahwa lampu menyala akan meningkatkan perasaan cemas yang membuat seseorang terkena insomnia atau susah tidur. Cahaya lampu yang terang juga dipercaya mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Ladies, itulah sedikit ulasan mengenai alasan kenapa tidur dengan lampu menyala buruk bagi kesehatan. Bagi Anda takut gelap dan memilih tidur dengan lampu menyala, usahakan untuk memilih lampu yang tidak terlalu terang. Pilihlah lampu dengan warna-warna soft dan membuat pikiran tenang. Tidur dengan lampu mati bukan berarti harus menghilangkan semua cahaya di ruang kamar tidur Anda dan membuatnya gelap gulita. Gelap gulita dimana tidak ada cahaya justru bisa buat pikiran jadi bingung dan pikiran terganggu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading