Sukses

Beauty

Ini Dia 2 Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asma

Saat seseorang memiliki asma, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga diri agar asma tidak kambuh, salah satunya adalah memilih kegiatan yang tepat. Kegiatan yang terlalu berat bisa memicu terjadinya asma dan ini bisa berbahaya jika Anda tidak mengatasinya dengan cepat.

Salah satu aktivitas yang juga sering dikhawatirkan banyak penderita asma adalah olahraga. Mereka tidak bisa sembarangan melakukan olahraga mengingat kondisi asma yang mungkin saja muncul. Nah, seperti dikutip dari health.com, paling tidak ada 4 olahraga yang bisa dilakukan dengan aman untuk penderita asma, antara lain adalah

    Berjalan

    Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan asma yang berjalan 3 kali seminggu selam 12 minggu berturut-turut mampu mengontrol asma yang mereka derita sekaligus meningkatkan kebugaran tanpa memicu serangan tiba-tiba.

    Berjalan selama 30 menit per hari juga sangat baik, dengan waktu 5 menit mengatur pemanasan dan pendinginan. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, bisa berjalan cepat selama 5 menit sekali dalam kurun waktu 30 menit.

    Yoga

    Jika bicara tentang melatih pernapasan dengan baik, maka olahraga yoga tidak bisa dilewatkan. Bukan hanya melatih fleksibilitas tubuh, yoga juga melatih pernapasan yang sangat baik untuk para penderita asma. Berlatih pernapasan bisa memperbanyak kapasitas paru-paru.

    Penelitian menunjukkan, orang yang melakukan latihan yoga dua setengah jam seminggu selama 10 minggu mampu menurunkan ketergantungan pengobatan terhadap asma. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan melakukan Tai Chi dan meditasi.

Jadi, jika khawatir dan bingung mau melakukan olahraga apa karena Anda punya asma, maka dua berjalan santai dan yoga adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading