Sukses

Beauty

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kawat Gigi

Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang indah dan rapi. Akan tetapi, kadang gigi yang sedikit berantakan menghambat keinginan karena dirasa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menggunakan behel untuk membuat gigi Nampak rapi.

Memang, penggunaan kawat gigi atau behel dapat membuat gigi rapi. Namun, seperti yang dijelaskan oleh MeetDoctor.com, penggunaannya tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena harus berdasarkan diagnosis untuk menentukan jenis, perawatan, dan lama pemakaian. 

Nah, berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum soal kawat gigi yang dapat membantu Anda menggunakan kawat gigi secara optimal:

Q: Berapa lama kawat gigi boleh dipakai?

A: Pemakaian kawat gigi tergantung dengan kondisi giginya. Namun, biasanya memerlukan waktu setahun hingga dua tahun sebelum mendapatkan hasil maksimal. Tetapi, pemakaiannya dapat lebih lama jika kondisi gigi sangat berantakan.

Q: Mengapa mulut terasa sakit saat pertama kali memakai kawat gigi?

A: Mulut terasa sakit saat awal pemakaian kawat gigi merupakan hal yang wajar. Bahkan gigi akan terasa ngilu karena kawat gigi menekan gigi. Selain itu, cara berbicara dan cara mengucapkan kata akan sedikit berubah untuk sementara waktu.

Q: Mengapa pemakaian kawat gigi menimbulkan sariawan?

A: Pemakaian kawat gigi sering kali membuat sariawan. Terlebih jika Anda tidak sesering mungkin melakukan perawatan. Namun, biasanya dokter akan memberikan ortho wax untuk melapisi bagian kawat yang tajam.

 Q: Mengapa perawatan kawat gigi penting dilakukan?

A: Perawatan kawat gigi akan menghindarkan Anda dari radang gusi, gigi keropos, hingga dekalsifikasi gigi atau timbul bercak-bercak putih pada gigi setelah kawat gigi dilepas.

 Q: Apa saja alat yang harus digunakan oleh pengguna kawat gigi?

A: Alat yang harus Anda miliki adalah pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride untuk mencegah plak, pembusukan gigi, serta penyakit gusi dan dapat menyegarkan napas. Selain itu, Anda juga harus memiliki proxabrush yang berukuran kecil dan didesain khusus untuk pengguna kawat gigi dan hal terakhir akhir adalah benang gigi khusus.

 Q: Kapankah pengguna kawat gigi harus ke dokter gigi?

A: Biasanya dokter akan memberikan aturan perawatan kawat gigi agar kawat sudah dapat dilepas tepat waktu. Misalnya setiap 6 hingga 8 minggu sekali. Tanpa pemeriksaan rutin dari dokter, pemakaian kawat gigi akan lebih lama.

 Ladies, bagi Anda yang mau menggunakan kawat gigi, baik untuk merapikan gigi atau hanya sekedar mengikuti tren, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal di atas. Semoga bermanfaat. 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading