Sukses

Beauty

Good Bye Insomnia

Sangat mengesalkan apabila Anda sudah berbaring dan menarik selimut tetapi tubuh Anda tetap tidak mau tidur. Padahal, besok ada setumpuk kegiatan yang memerlukan banyak stamina. Bagaimana Anda bisa tampil prima jika mengalami gangguan sulit tidur.

Sekalipun Anda sudah berusaha, butuh waktu yang lama hingga Anda benar-benar tertidur lelap akibat insomnia. Bisa jadi keesokan harinya Anda terlambat bangun atau mengalami pusing sepanjang hari karena tubuh Anda kurang mendapat jatah istirahat. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kesehatan dan kegiatan Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi sulit tidur?

1. Hindari tidur siang untuk mengurangi rasa lelah. Tidur siang akan menumpuk energi dan membuat Anda semakin sulit tidur pada malam hari.

2. Pastikan ruangan Anda cukup sejuk dengan sirkulasi udara yang baik.

3. Kamar tidur adalah ruang untuk beristirahat, tidak bijak meletakkan peralatan elektronik seperti tv atau komputer. Anda bisa tergoda untuk menyaksikan acara atau bermain game. Kalaupun kamar Anda dipenuhi peralatan listrik, matikan saja, kecuali Anda ingin memutar musik lembut sebagai pengantar tidur.

4. Jadwalkan tidur Anda pada waktu yang sama. Sekalipun Anda tidak ngantuk, usahakan untuk tidur pada jam yang sama. Ini akan membantu jam biologis Anda mengatur waktu tidur dan memudahkan tubuh Anda untuk terlelap di waktu yang sama.

5. Jangan menjadwalkan latihan atau olahraga sebelum tidur, lakukan 3 jam sebelumnya. Dengan begitu otot-otot Anda sudah tidak tegang dan telah siap untuk beristirahat.

6. Hindari makanan yang dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam, misalnya saja kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman penambah energi. Percayalah, minuman itu akan memperburuk kondisi Anda.

7. Pilih makanan dan minuman yang dapat membantu Anda segera terlelap. Misalnya segelas susu hangat berkalori rendah.

8. Hindari terlalu banyak minum sebelum tidur. Ini bisa memicu Anda untuk terbangun karena harus mengunjungi toilet untuk buang air kecil.

9. Sebelum tidur, tuliskan di atas kertas semua hal yang mengganggu pikiran Anda. Apakah bos marah-marah, bertengkar dengan kekasih, atau cuaca yang membuat mood Anda buyar. Tulis juga harapan untuk keesokan harinya. Ini akan membantu Anda melepaskan beban pikiran yang bisa menghambat tidur Anda.

10. Jika tidak bisa tidur dengan lampu padam, tidak perlu memaksakan diri. Tidurlah dengan lampu temaram yang tidak akan membuat Anda kaget pada saat terbangun tengah malam. Penerangan yang berlebihan bisa membuat tubuh Anda terjaga sepanjang malam. [initial]

6 Penyebab Anda Sulit Tidur Kenali Gejala Insomnia

(vem/re-wsw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading