KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Cara Mencegah Migrain Yang Kerap Mengganggu Aktivitas Anda

Jum'at, 26 September 2014 09:00 Penulis: riz
Foto: copyright www.thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sakit kepala migrain ini tidak datang secara tiba-tiba melainkan menunjukkan gejala. Di antaranya perubahan mood menjadi lebih negatif, hidung tersumbat dan mata berarir, nyeri sebelah kepala atau di leher dan mata, sering buang air kecil, hingga sering menguap.

Parahnya, migrain ini tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi, Anda bisa mencegah migrain yang mengganggu aktivitas. Caranya adalah sebagai berikut, dilansir dari MeetDoctor.com.

  • Mematikan lampu ruangan sebab cahaya bisa memicu terjadinya migrain. Demikian pula dengan wewangian dan suara yang bising. Jadi, sebaiknya hindari dua hal tersebut. Kondisi yang senyap dan gelap akan membuat Anda lebih rileks.
  • Usahakan tidur cukup dan nyenyak setiap hari. Pasalnya kurang tidur bisa memunculkan migrain. Tidur dan bangun dalam jam yang sama juga bisa membantu mencegah migrain. Demikian pula tidur siang selama 20 – 30 menit. Tapi, hati-hati, tidur siang lebih dari jangka waktu tersebut akan membuat jam tidur malam Anda terganggu.
  • Gejala migrain ditandai dengan nyeri pada mata, leher, dan sebelah kepala. Nah, Anda bisa mengatasi dengan memijat lembut bagian yang nyeri hingga otot yang tegang bisa kembali rileks.
  • Saat gejala migren terasa, ingat­ingat makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Biasanya, makanan yang mengandung keju, cokelat, kafein, serta alkohol bisa menimbulkan migrain.
  • Stres dan migrain berhubungan erat. Oleh karena itu, Anda harus pandai­pandai mengatur tekanan dalam hidup (pekerjaan, misalnya). Jadi, buatlah jadwal kerja yang masuk akal dan delegasikan tugas. Lalu, lakukan peregangan sebagai cara mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Nah Ladies, bagi Anda yang sering mengalami migrain, Anda bisa melakukan upaya pencegahan dengan cara di atas.

(vem/riz)
KOMENTAR PEMBACA