Sukses

Beauty

Ketahui Tentang Kanker Rahim (part 3)

Meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebab dari timbulnya sel kanaker di dalam rahim, namun Anda masih bisa mengetahui ada beberapa faktor yang memiliki potensi terjadinya kanker rahim.

Sepertinya, ada kemungkinan bahwa kanker endometrium disebabkan oleh mutasi gen oleh sel rahim sehingga menimbulkan sel abnormal berupa kanker. Seperti dikutip dari www.mayoclinic.org, ada beberapa hal lain yang menjadi pemicu terjadinya kanker rahim, antara lain adalah
1. Perubahan keseimbangan hormon di dalam tubuh
Di dalam tubuh Anda terdapat dua hormon wanita yaitu estrogen dan progesterone, perubahan hormon di dalam tubuhini menyebabkan perubahan pada lapisna endometrium rahim Anda. Jika tubuh dalam kondisi menekan hormon progesterone dan memperbanyak produksi hormon estrogen, maka tubuh Anda memberikan kesempatan untuk kanker endometrium berkembang.
2. Lamanya menstruasi
Jika Anda memulai siklus menstruasi lebih awal, dalam usia yang muda, kisaran sebelum umur 12 tahun, atau mengalami menopause yang lambat, maka tubuh Anda punya potensi mengembangkan kanker rahim.
3. Tidak pernah hamil
Rahim ada di dalam tubuh Anda, tujuannya adalah untuk mempersiapkan tempat bagi Anda untuk hamil. Sudah menjadi odrat wanita untuk hamil, oleh karena itu, jika rahim tidak ‘digunakan’ untuk hamil, maka risiko kankr rahim juga lebih besa.
4. Usia tua
Semakin tua usia Anda, maka semakin tinggi risiko terkena kanker rahim. Ini mungkin dikarenakan Anda mengalami menopause dan rahim sudah tua.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading