Sukses

Beauty

Pilih 5 Sumber Protein Baik Dan Sehat Untuk Tubuh Mulai Sekarang

Memilih makanan memang menjadi salah satu hal yang dilakukan ketika Anda ingin mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Salah satu sumber nutrisi yang sangat diperlukan tubuh adalah protein. Terkadang, meski Anda sepertinya sudah makan makanan berprotein, namun asupannya jadi tidak baik karena makanan mengandung lemak jenuh atau lemak trans yang buruk untuk tubuh.

Nah, bagaimana memilih sumber protein yang baik untuk tubuh? Yuk ketahui mana yang merupakan sumber protein baik dan sehat berikut ini dari www.everydayhealth.com, agar makin sehat Ladies.

    Daging merah

    Perlu Anda ketahui bahwa steak, sosis, dendeng, kornet atau daging kaleng dan berbagai macam daging olahan memang kaya protein namun juga sumber lemak jenuh yang tinggi. Daging sapi normal mungkin memang bisa memenuhi kebutuhan protein harian Anda, namun juga mencapai angka maksimal lemak jenuh yang harus Anda batasi. Jadi, jika makan daging sapi atau kambing, cukup 1 kali seminggu saja.

    Daging putih

    Daging putih termasuk daging ayam, kalkun, dan ikan yang lebih kaya protein namun rendah lemak trans dan lemak jenuh. Kecuali jika daging ayam yang Anda pilih adalah daging ayam potong dengan kulitnya, ini bahkan sangat banyak mengandung lemak. Jadi pilih daging ayam potong tanpa lemak dan tanpa kulit atau ayam kampung saja yang rendah lemak.

    Ikan merupakan sumber alami protein hewani yang sangat sehat, apalagi ikan laut yang mengandung banyak asam lemak omega-3. Namun tentu saja Anda tidak boleh banyak makan ikan laut karena risiko merkurinya. Cukup makan 2-3 kali ikan laut dalam seminggu. Sebagai gantinya, Anda bisa makan ikan air tawar atau payau.

    Kedelai

    Sumber protein yang juga sangat terkenal adalah kacang kedelai, baik itu kedelai putih, hitam, hijau atau edamame. Semua jenis kacang kedelai memiliki protein yang tinggi sekaligus sangat rendah lemak jenuh. Anda tentu lebih mudah menemukan sumber protein ini di pasar sekaligus murah di kantong.

    Susu dan produk olahannya

    Susu dan berbagai produk olahannya berupa keju atau yogurt juga merupakan sumber protein yang sangat baik, namun beberapa sumber susu memiliki banyak lemak jenuh, terutama yang murni atau baru diperas. Jadi, minum susu secukupnya, tidak perlu setiap hari, namun selalu ada setiap minggu.

    Kacang, biji-bijian dan polong-polongan

    Berbagai macam biji-bijian memang merupakan sumber protein, namun beberapa kacang memiliki kandungan lemak jenuh, seperti kacang tanah, apalagi jika sudah melalui proses pengolahan. Namun kebanyakan kacang, biji atau polong-polongan sangat rendah lemak jenuh dengan proses pemasakan yang benar. Anda bisa mencampur ke dalam makanan Anda atau jadikan camilan harian.

Nah, jadi tahu kan mana sumber protein baik yang harus Anda konsumsi setiap hari dan mana yang harus dibatasi karena punya kandungan lemak jenuh? Yuk terapkan mulai hari ini Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading