Sukses

Beauty

Atasi Asma Bronkial dengan Akupuntur

Asma bronkial (atau biasa disebut dengan asma saja) memang telah mendapat vonis tak bisa disembuhkan. Namun, bukan berarti Anda harus takluk oleh penyakit ini. Banyak cara bisa dilakukan untuk setidaknya meringankan gejala asma bronkial. Tidak harus selalu bergantung dengan inhaler dan obat-obatan resep dokter, namun bisa melalui terapi alternatif seperti akupuntur.

Pengobatan alternatif dengan jarum yang berasal dari China ini selama ribuan tahun telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan menusukkannya ke titik-titik yang tepat. Bahkan, akupuntur juga diklaim mempunyai sedikit sekali efek samping pada tubuh.

Dalam asthma.about.com disebutkan, beberapa studi telah meneliti bahwa gejala-gejala asma dapat diperbaiki secara efektif melalui terapi ini. Terapi akupuntur memfokuskan diri pada daerah dada untuk melancarkan aliran darah di paru-paru yang dikombinasikan dengan titik-titik refleksi di daerah telapak kaki.

Dalam terapi akupuntur, asma dibagi menjadi dua jenis, yaitu asma dingin dan asma panas. Asma dingin ini disebabkan oleh faktor eksternal, seperti suhu udara yang dingin serta angin berlebih yang menyebabkan gangguan pada paru-paru. Sehingga, terapinya dilaksanakan dengan membuang angin dingin dan menghangatkan paru-paru.

Sementara, asma panas lebih disebabkan oleh produksi lendir yang mengumpul di paru-paru dan membuatnya menjadi lebih lembab, sehingga timbul sumbatan yang mengganggu jalan pernafasan. Asma panas ini biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan, sehingga dalam terapi, jarum-jarum difokuskan pada titik-titik tubuh yang dapat mengontrol nafsu makan dan menyeimbangkan energi dalam tubuh.

Akupuntur memang bisa membantu sebagian penderita asma bernafas lebih baik, namun seringkali juga hasil ini dipicu oleh self-suggestion pasien yang mempercayai keberhasilan terapi ini. Apakah Anda mau ikut mencoba, Ladies?

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading