Sukses

Beauty

Mengenal Asma Bronkial Lebih Dekat

Ladies, pernahkah Anda mendengar istilah asma brongkial dan penasaran apa maksudnya? Asma bronkial merupakan penyakit saluran pernafasan kronis yang menimbulkan serangan periodik sepertii batuk, bersin, nafas pendek, dan rasa sesak di dada. Namun, biasanya orang-orang menyebutnya dengan sebutan asma saja.

Menurut healthline.com, kelainan prau-paru kronis ini merupakan hasil dari kontraksi otot-otot bronkial yang tidak teratur. Dipicu oleh hiperaktivitas paru-paru, penyakit ini mempunyai sebuah ciri khas, yaitu adanya sumbatan yang muncul di saluran pernafasan. Sehingga, muncullah serangan-serangan gangguan pernafasan di atas yang membuat penderitanya merasa tersiksa.

Serangan asma itu biasanya berlangsung selama beberapa menit saja, namun tak jarang juga ditemukan kasus serangan yang bertahan selama beberapa hari. Serangan ini bisa diatasi dengan bantuan pengobatan medis, seperti inhaler bronkial yang bisa meredakan kontraksi dan melegakan pernafasan.

Lantas, apa saja yang bisa memicu datangnya serangan asma ini? Pemicu asma bisa datang baik dari eksternal internal lho, Ladies. Pasien asma sangat sensitif dengan debu, bulu hewan peliharaan, tungau, asap rokok, dan terkadang juga serbuk sari bunga. Udara, polusi, atau cuaca yang tidak cocok dengan kondisi tubuh penderita pun bisa memicu hiperaktivitas otot bronkial paru-paru.

Sementara, asma juga bisa disebabkan oleh kondisi emosional atau psikologis pasien yang kurang baik. Kemarahan, kegugupan, stress, kesedihan yang hebat, dan depresi juga bisa mengundang serangan asma datang menyerang. Jadi, hidup sehat dan bersih lahir-batin adalah satu-satunya solusi termudah dan paling efektif untuk mencegah asma bronkial kambuh lagi. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading