1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Zat Purin Dalam Telur Puyuh Penyebab Asam Urat

Jum'at, 29 Agustus 2014 09:26 Penulis: ver
(C) shutterstock

Vemale.com - Mengalami gangguan dengan masalah asam urat, Bunda? Mungkin saja Bunda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin.

Memang ada hubungannya ya zat purin dan asam urat? Tentu ada dong.

Dilansir dari laman kamuskesehatan.com, purin termasuk dalam kelompok protein. Jenis zat yang satu ini dapat ditemukan dalam berbagai sayuran seperti bayam ataupun melinjo. Selain itu daging-dagingan seperti jerohan juga mengandung purin. Dalam produk minuman juga ditemukan zat ini.

Zat kimia hasil metabolisme zat purin ini menyebabkan asam urat. Jika kadar asam urat dalam tubuh meningkat bahkan melampaui batas akibat konsumsi contoh makanan diatas, maka tidak dapat dihindari bahwa Bunda akan mengalami penyakit artritis gout. Hiperurikemia adalah sebutan lainnya dari istilah tingginya asam urat dalam tubuh.

Faktor lain dari penyebab penyakit tersebut ialah menahan pipis. Asam urat Asam urat biasanya dibawa dalam darah, melewati ginjal dan dikeluarkan dalam urin, maka penting untuk tidak meremehkan hal tersebut.

Purin juga ditemukan dalam telur puyuh. Dilansir dari laman www.carakhasiatmanfaat.com, dalam telur puyuh terkandung purin meskipun kadarnya tidak terlalu berpengaruh. Namun, tidak berarti tidak berbahaya. Penderita asam urat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi telur puyuh terlalu banyak. Bukan berarti dilarang, namun lebih diutamakan untuk lebih membatasi dalam mengkonsumsinya agar lebih sesuai kadar. Maksimal mengkonsumsi telur puyuh adalah tiga kali seminggu.

Oleh : Mufarrohah

(vem/ver)
KOMENTAR PEMBACA
Tips Aman Pakai Tester Makeup