Sukses

Beauty

Yuk Simak Obrolan Tentang Sakit Kepala Bareng MeetDoctor.com!

Banyak dari Anda yang sering mengalami sakit kepala. Bisa karena tekanan darah tinggi, stress, atau karena adanya gangguan pada otak. Namun, tidak sedikit juga yang mengalami sakit kepala karena hal sederhana yang dirasa mengganggu.

Sebagai bentuk kepedulian tentang sakit kepala, kali ini Vemale mengadakan konsultasi Live Tweet bersama dr. Fransisca Alvionita dari MeetDoctor.com dengan tema Sakit Kepala. Simak penjelasan dokter yuk Ladies!

@rinidumasari: Dok, kalau kepala terasa keram atau semutan itu kenapa yah? Dan bahaya nggak? #AskVemale

Jawaban dokter : Tidak berbahaya, biasanya hanya karena kekurangan vitamin, coba konsumsi vitamin B kompleks dan kalsium. Namun bila tidak membaik atau disertai dengan rasa baal atau kelemahan satu sisi tubuh, muntah, kejang maupun bila ada riwayat darah tinggi, jantung, stroke, dan diabetes segera periksa ke dokter.

@MetyCab: Saat kita sakit kelapa apakah dianjurkan untuk minum obat sesegera mungkin untuk mengurangi sakit kepala? #AskVemale

Jawaban dokter : Penyebab sakit kepala bisa berbagai macam. Coba diatasi dengan istirahat terlebih dahulu. Namun bila tidak membaik atau bila sangat mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas di apotek.

@JustNey17: Sering migrain hebat di kepala bagian kiri dengan waktu yang lumayan lama sampai keluar keringat dingin, bahaya nggak dok? Cara mengatasinnya bagaimana? #AskVemale

Jawaban dokter: Saran saya sebaiknya, Anda ke dokter supaya dapat diperiksa lebih teliti dan dicari solusi yang tepat untuk mengatasi migrain Anda. Hindari hal-hal yang bisa mencetuskan migrain Anda, misalnya hindari stress atau kelelahan.

@MEINIYAH: Dok, saya mau tanya. Kalau sakitnya di alis sama di kepala bagian belakang itu termasuk sakit kepala yang berbahaya nggak dok? #AskVemale

Jawaban dokter : Nyeri kepala sangat bervariasi. Bila yang Anda rasakan sensasi kencang seperti terikat, itu dinamakan Tension Type Headache. Biasanya terjadi karena tekanan fisik atau psikologis, misalnya sedang bekerja dan berpikir keras. Tidak berbahaya. Bisa diatasi dengan minum obat sakit kepala dan istirahat. Namun bila cara tersebut sudah dilakukan dan belum membaik, maka periksalah ke dokter, mengingat beberapa obat harus dibeli dengan resep dokter. Apalagi bila disertai dengan rasa baal atau kelemahan satu sisi tubuh, muntah, kejang maupun bila ada riwayat darah tinggi, jantung, stroke, dan diabetes.

@MlRna :Saya sering sakit kepala di bagian belakan atas, sakitnya sesaat tapi sakit banget. Bahaya nggak dok? #AskVemale

Jawaban dokter : Untuk memastikan penyebabnya dan bahaya atau tidak, perlu pemeriksaan fisik lebih lanjut, bahkan mungkin pemeriksaan penunjang. Bila Anda memakai kacamata, mungkin sebaiknya Anda memeriksakan kembali mata Anda, untuk memastikan apakah kacamata Anda masih sesuai atau perlu diganti. Karena gangguan di penglihatan juga dapat mengakibatkan keluhan sakit kepala. Anda juga dapat kontrol ke dokter bila keluhan tidak membaik atau bahkan bertambah berat.

@micaymi: Aku sering sakit kepala tiba-tiba. Sakit yang tajam dan menusuk, tapi pendek. Sering terjadi di kepala sebelah kanan. #AskVemale

Jawaban dokter : Nyeri kepala di satu sisi dan terasa seperti tertusuk biasa disebut dengan migrain. Ini termasuk nyeri kepala primer, artinya tidak ada kelainan pada organ (otak), biasanya karena respon tubuh terhadap stress (fisik atau psikis). Namun apabila disertai dengan rasa baal atau kelemahan satu sisi tubuh, muntah, kejang, maupun bila ada riwayat darah tinggi, jantung, stroke dan diabetes sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

@PurnasaraRintan: Apa penyebab jadi sering sakit kepala gitu dok? Bagaimana cara mencegahnya. Saya takut ada efek jangka panjang karena sering minum obat kepala. Suami sering banget sakit kepala. Jadi sering banget minum obat sakit kepala yang beli di toko. Kalau nggak minum, sakitnya nggak hilang. #AskVemale

Jawaban dokter : Bagaimana karakter nyeri kepalanya Bu? Penyebab sakit kepala yang sering adalah karena faktor kelelahan bisa fisik atau psikis. Dinamakan Tension Type Headache dengan ciri khas sensasi nyeri kepala kencang seperti terikat. Umumnya akan hilang dengan istirahat dan minum obat sakit kepala. Namun dalam kasus suami Ibu, saran saya sudah waktunya untuk diperiksakan ke dokter, sehingga dapat diperiksa lebih teliti dan dicari penyebab pastinya.

Bahaya atau tidaknya sakit kepala yang Anda alami, memang sebaiknya konsultasi dengan dokter. Hal ini berguna agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan sakit dan keluhan yang dialami. Nah Ladies, jika Anda mempunyai pertanyaan seputar kesehatan,Anda bisa gabung di #AskVemale yang hadir setiap hari Rabu dengan tema yang berbeda. Makanya, yuk follow @Vemaledotcom!

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading