Sukses

Beauty

Tulang Kuat Di Hari Tua Dengan Konsumsi Ini

Ladies, semakin Anda bertambah usia, bukan rahasia lagi jika kemampuan fungsi tubuh perlahan juga mulai menurun, tidak terkecuali untuk tulang. Tulang kuat sangat mempengaruhi kehidupan Anda di masa tua.

Menjaga tulang kuat meski tua sebenarnya tidak sulit kok Ladies, dengan fokus pada beberapa nutrisi yang memperkuat tulang, Anda pasti bisa lebih sehat dengan tulang yang tidak kalah dengan anak muda jaman sekarang.

Seperti dikutip dari www.health.com, ada beberapa makanan sehat yang mampu membantu Anda menjaga kepadatan serta kekuatan tulang, beberapa di antaranya adalah

1. Perbanyak vitamin B12

Seringkali vitamin B12 diabaikan karen tubuh tidak banyak membutuhkan vitamin ini. Namun seiring bertambahnya usia, sel-sel darah juga ikut menua. Jadi vitamin B12 dibutuhkan untuk memperkuat sel darah merah dan meningkatkan kognisi. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari sumber protein hewani seperti daging dan telur.

2. Lebih banyak pisang

Seiring bertambahnya usia, tekanan darah cenderung meningkat sehingga Anda pun memiliki lebih banyak risiko terserang penyakit kardiovaskuler seperti stroke. Hal ini menjadikan Anda harus makan makanan yang banyak mengandung potasium seperti pisang.

Apalagi obat hipertensi bersifat diuretik sehingga Anda mungkin banyak kehilangan kadar sodium serta potasium dalam darah. Karena Anda membutuhkan banyak potasium, maka buah pisang sangat baik dimasukkan dalam diet sehat Anda, termasuk juga brokoli dan kentang rebus.

3. Minum lebih banyak air

Semakin Anda tua, mungkin harus mengonsumsi beberapa obat-obatan, seperti misalnya obat hipertensi. Hal ini memberikan efek dehidrasi sehingga minum air putih lebih banyak adalah solusi agar Anda tidak banyak kehilangan cairan tubuh.

Minum air juga sangat baik mengeluarkan racun di dalam tubuh dan manfaat kesehatan lain yang sangat baik. Batasi pula konsumsi kopi, teh, soda dan alkohol karena tubuh Anda tidak seperti dulu lagi.  

4. Makanan tinggi kalsium

Untuk kepentingan tulang kuat, tentu Anda membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatannya. Kalsium banyak ditemukan pada susu dan produk olahannya. Jika Anda memiliki alergi terhadap laktosa atau tidak terlalu suka susu, maka menggantinya dengan suplemen makanan juga boleh.

Asupan kalsium maksimal dari makanan dan suplemen adalah 2.500 miligram per hari untuk orang dewasa, atau 2.000 miligram per hari jika Anda lebih dari 50.

Jadi, jika Anda sayang kepada orangtua Anda dan ingin mereka hidup dengan sehat, tidak ada salahnya menganjurkan mereka mengonsumsi nutrisi tersebut. Anda pun juga bisa memulai menjaga kesehatan tulang dari sekarang dan mendapatkan tulang kuat di hari tua.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading