Sukses

Beauty

Penting! Kenali 5 Tipe Sakit Kepala Ini Ladies

Ladies, berapa banyak jenis sakit kepala yang Anda ketahui? Sakit kepala memiliki tipe tersendiri yang membuat mereka bisa dibedakan satu sama lain.
 
Hal ini penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui jenis sakit kepala, Anda juga jadi bisa tahu obat apa dan cara seperti apa yang tepat untuk mengatasinya. Seperti dikutip dari  www.health.com, ada lima jenis sakit kepala, di antaranya adalah

1. Sakit kepala tension
Sakit kepala ini adalah yang paling umum terjadi dan biasanya menimbulkan rasa sakit konstan di daerah pelipis dan di daerah belakang kepala hingga bawah leher. Tidak seperti migrain yang menimbulkan nyeri parah, sakit kepala tensi tidak menyebabkan mual atau muntah hingga mengganggu aktivitas.

Obatnya juga sudah umum diketahui dan mudah didapat seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh otot syaraf tegang di bagian kepala dan leher.

2. Sakit kepala cluster
Sakit kepala ini lebih sering menyerang laki-laki dan bisanya muncul secara tiba-tiba dengan ditandai pening, mulai merasa sakit kepala sebelah, dan diikuti dengan mata serta hidung berair atau tersumbat pada bagian kepala yang sakit.
 
Rasa sakit bisa sangat parah dan mengganggu aktivitas sehingga penderita harus berbaring agar merasa nyaman. Rasa sakit kepala sebelah ini mungkin seperti migrain dan sepertinya faktor umur mempengaruhi terjadinya sakit kepala kluster.

3. Sakit kepala sinus
Sakit kepala ini muncul diakibatkan oleh adanya gangguan infeksi pada sinus sehingga menimbulkan rasa sakit hingga ke kepala. Sakit kepala bisa diikuti dengan demam dan gejala bisa dikenali sebelum sakit kepala menyerang. Sakit kepala karena infeksi sinus ini bisa diobati dengan antibiotik untuk mematikan bakteri seperti misalnya antihistamin dan decongestan.
 
4. Sakit kepala rebound
Terlalu banyak menggunakan obat penghilang rasa sakit malah menjadi penyebab munculnya sakit kepala rebound. Hal ini dikaitkan dengan syaraf otak yang menjadi rentan terhadap tekanan karena terlalu banyak penggunaan obat penghilang rasa sakit. Penggunaan obat-obatan sakit kepala seperti aspirin, acetaminophen dan ibuprofen bisa membantu mengurangi rasa sakit.

5. Migrain
Meskipun memang nampaknya hanya separuh dari kepala Anda yang merasa sakit, namun nyeri yang ditimbulkan bisa 2 kali lipat daripada sakit kepala biasa. Migrain bisa sangat mengganggu aktivitas dan membuat Anda mual hingga muntah. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk migrain Anda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading