Sukses

Beauty

4 Tips Sehat Untuk Arthritis

Meskipun penyakit sendi dan tulang arthritis sulit disembuhkan, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan banyak hal Ladies. Untuk mengatasi masalah arthitis, ada lima saran kesehatan yang dikutip dari www.newhealthguide.org, antara lain adalah

1. Menurunkan berat badan
Saat Anda menderita arthritis, atau mungkin masih mengalami gejalanya, maka sebaiknya kurangi berat badan hingga 10kg. Setiap kilogram penurunan berat tubuh akan mempermudah tekanan pada sendi dan tulang sehingga lebih ringan, mudah bergerak dan mengurangi rasa nyeri.

2. Perawatan harian
Untuk membantu mencegah nyeri akut pada arthritis, sebaiknya Anda tidak banyak begadang dan cukup tidur di malam hari. Paling tidak 8-10 jam per hari dengan dikombinasikan tidur siang. Hal ini akan mengurangi kambuhnya nyeri pada lutut.

Cobalah untuk tidak duduk atau berdiri dalam posisi yang sama sepanjang waktu, karena hal itu akan membuat otot tertekan pada bagian tertentu dan mempengaruhi nyeri yang akan Anda alami. Jika sempat, kompres bagian yang nyeri dengan air hangat atau air es untuk mengurangi sakit. Berenang di pagi hari atau sore hari juga boleh diterapkan untuk melatih gerak optimal pada tulang dan sendiri Anda.

3. Seduh herbal dan rempah-rempah
Cara ketiga adalah dengan rajin mengonsumsi obat-obatan alami berupa rempah-rempah dan tanaman herbal. Ambil jahe, baik segar maupun kering, untuk diminum selagi hangat. Karena memiliki sifat anti-inflamasi, jahe segar juga baik untuk dioleskan ke bagian yang nyeri dan meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, Anda juga bisa memakai kunyit yang juga memiliki sifat anti-inflamasi. Menyeduh, menelan pil suplemen kunyit atau bahkan mengoleskan ke bagian yang sakit bisa jadi cara efektif mengurangi rasa sakit.

4. Obat-obatan
Tentu Anda telah menerima banyak resep obat dari dokter untuk masalah arthritis ini, namun pastikan bahwa obat tersebut memiliki kandungan seperti analgesik, ibuprofen, dan counter-irritant sebagai obat harian Anda ketika nyeri akut sedang kambuh. Jika obat sedang habis, Anda bisa membeli obat sejenis yang mengandung bahan yang hampir sama karena efeknya tidak akan jauh berbeda.

Itu dia empat solusi sehat untuk merawat sendi dan tulang arthritis, jika ada saudara atau orang tua yang mengalaminya, maka Anda tahu apa yang harus dilakukan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading