Sukses

Beauty

Mengenal Penyakit Sistem Reproduksi Kanker Rahim

Ladies, sel kanker bisa berkembang dimana saja termasuk bagian tervital di dalm tubuh Anda termasuk sistem reproduksi. Penyakit sistem reproduksi berikut akan membahas tentang kanker yang mungkinterjadi di dalam rahim Anda, Ladies.

Seperti namanya, kanker rahim mempunyai arti bahwa ada penyakit di mana sel-sel kanker berkembang di dalam rahim. Kanker terjadi ketika sel-sel dalam tubuh, dalam hal ini adalah sel-sel rahim, membelah tanpa kontrol atau perintah dari tubuh.
Jika sel-sel terus membelah tak terkendali ketika sel-sel baru itu tidak dibutuhkan, maka jaringan abnormal tersebut bisa disebut dengan tumor yang apabila berubah ganas menjadi kanker.

Rahim sendiri mempunyai bagian penting yang membentuk rongga rahim disebut dengan diding rahim. Dinding rahim terbuat dari endometrium atau lapisan dalam, dan miometrium yaitu bagian berotot dan merupakan lapisan luar.

Dikutip dari www.thirdage.com, ada dua jenis kanker rahim yang umum ditemukan, yaitu adenocarcinoma yang dibentuk pada endometrium, dan sarkoma yang dibentuk pada myometrium. Jenis kanker rahim kedua lebih jarang terjadi daripada jenis pertama yang paling sering ditemukan.

Meskipun penyebab pasti kanker rahim belum diketahui, namun berdasarkan www.medicinenet.com, faktor yang berisiko tinggi termasuk wanita dengan pertumbuhan berlebih pada endometrium (hiperplasia), obesitas, tidak pernah punya anak, menstruasi sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55, terapi estrogen, mengonsumsi tamoxifen, terjadi radiasi pada daerah panggul, sejarah keluarga tentang kanker rahim, dan sindrom Lynch (kanker kolorektal warisan).


Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading