KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Bahaya Nggak Sih Menggunakan Air Rebusan Daun Sirih Untuk Miss V?

Kamis, 26 Juni 2014 09:00 Penulis: riz
Foto: copyright vemale.com

Vemale.com - Mungkin Anda sering mendengar daun sirih sangat baik untuk organ kewanitaan. Yup, banyak sekali produk untuk Miss V yang menggunakan bahan dasar daun sirih. Lalu, bagaimana dengan menggunakan air rebusan daun sirih secara langsung untuk membersihkan area kewanitaan Anda? Bahaya nggak sih?

Menurut penjelasan dr. Handris Yanitra dari MeetDoctor.com, penggunaan air rebusan daun sirih yang dikatakan berfungsi untuk membilas organ wanita sebenarnya masih bersifat kontroversial di dunia kedokteran. Dari beberapa studi, minyak esensial dari daun sirih ini dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat membantu mencegah timbulnya keputihan yang normal atau fisiologis yang biasanya dapat terjadi setiap bulan dan muncul menjelang, sesudah menstruasi, ataupun saat masa subur.

Penggunaan daun sirih tidak disarankan untuk keputihan yang bersifat abnormal atau patologis yang ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih pekat, kadang putih kekuningan, disertai bau yang menyengat. Keputihan patologis ini juga dikeluhkan dengan rasa gatal di area organ intim dan hal ini merupakan salah satu tanda adanya infeksi pada organ intim Anda.

Bagaimana jika air rebusan daun sirih dipakai setiap hari?

Apapun yang dipergunakan secara berlebihan tentu tidak memiliki efek yang menguntungkan bagi tubuh. Penggunaan air rebusan daun sirih yang rutin untuk membilas organ intim wanita dikhawatirkan dapat mengubah ph dan flora normal di organ tersebut. Ph normal pada organ intim wanita sebaiknya berkisar antara 3,8-4,5. Penggunaan rebusan daun sirih yang terlalu rutin dapat menyebabkan perubahan pada keadaan ph dan flora normal organ intim wanita yang dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan flora di dalam organ intim anda secara berlebihan yang justru dapat memicu terjadinya infeksi pada organ intim Anda.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)
KOMENTAR PEMBACA