KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Waspadai 2 Gejala Penyakit Gagal Ginjal: Sesak Nafas dan Sakit Pinggang

Jum'at, 20 Juni 2014 22:17 Penulis: ver
(c) vemale.com

Vemale.com - Ladies, penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang dapat mengancam keselamatan nyawa kita. Oleh sebab itu, mengedukasi diri terhadap gejala-gejala penyakit gagal ginjal sangat perlu kita lakukan agar kita dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit gagal ginjal yang mungkin terjadi pada diri kita atau orang-orang di sekitar kita. So, apa saja gejala penyakit gagal ginjal itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Sesak Nafas
Satu dari beberapa gejala penyakit gagal ginjal yang sering diabaikan oleh sebagian orang adalah sesak nafas ladies. Yap. Seperti dijelaskan www.kidney.org, sesak nafas bisa jadi berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Sesak nafas terjadi karena adanya penumpukan cairan yang diakibatkan oleh disfungsi ginjal, sehingga cairan tersebut akan menutua saluran paru-paru dan membuat sesak nafas. Dalam kasus penderita gagal ginjal, sesak nafas akan berimbas pada kesulitan tidur karena sesak nafas dan perut kembung secara terus-menerus.

Sakit Pinggang
Gejala paling umum pada penyakit gagal ginjal yang juga sering diabaikan adalah sakit di sekitar pinggang. Sakit di sekitar pinggang ini berhubungan dengan penyakit batu ginjal. Beberapa kasus menunjukkan bahwa penyakit batu ginjal tidak menimbulkan gejala yang berarti, namun jika batu ginjal tersebut terjebak dalam ureter, maka gejala rasa sakit akan terasa sangat parah.

Selain dua gejala di atas, beberapa gejala lain yang umum terjadi pada penderita penyakit gagal ginjal adalah lemas, mual, serta kelainan pada urine.

Oleh : Maulisa

(vem/ver)
KOMENTAR PEMBACA