Sukses

Beauty

Kaki Melepuh Setelah Memakai Sandal Jepit Plastik

Belakangan ini sering dishare di sosial media berbagai isu mulai dari isu politik, kesehatan, kecantikan dan lain sebagainya. Berita dengan cepat beredar dan memviral di masyarakat karena aktifnya pengguna ponsel pintar.

Dan Anda mungkin juga sempat membaca berita yang tersebar di mana seorang wanita asal Florida membeli sepasang sandal jepit di Wal-Mart 2007 silam. Sandal tersebut buatan China dengan bahan plastik bercampur karet dan dibanderol harga murah. Spontan saja wanita tersebut membelinya, demikian juga pengunjung lainnya. Namun apa yang terjadi?

Setelah mengenakan sandal tersebut kaki wanita tersebut gatal-gatal, melepuh dan luka-luka alergi parah. Ribuan orang yang membeli sandal tersebut, dan memang hanya sedikit yang melaporkan adanya reaksi alergi. Dugaan saat itu, penggunaan beberapa bahan menyebabkan reaksi tertentu pada kulit kaki sehingga menimbulkan gatal, hingga peradangan dan melepuh.

Foto: Copyright inspire21.com

Nyata atau hoax?

Karena kejadiannya sudah lama, tentunya tertutup berita-berita lain yang ada di media dong. Lambat laun berita tersebut tertutup dan tak terdengar lagi.

Namun belakangan ia santer kembali dibicarakan dan mulai dipertanyakan apakah ini hanya rekayasa atau nyata.

Dari hasil penelusuran di hoax-slayer.com dan fox.news.com, berita ini sebenarnya memang NYATA. Kasus yang terjadi beberapa waktu silam menceritakan bahwa saat itu ia membayar untuk sebuah sandal tak lebih dari 30 ribu rupiah. Menggunakannya setelah beberapa saat ia mulai merasa kakinya gatal, pedih dan kemerahan. Reaksi ini terus berkembang hingga meninggalkan reaksi alergi parah dan kulit melepuh.

Dr. Nanette Silverberg, seperti dilansir Foxnews.com mengatakan bahwa reaksi gatal luar biasa yang disebabkan alergi ini bisa dipicu oleh penggunaan thiuram atau dithiocarbamates pada sandal. Memang tidak semua orang tahan dengan bahan-bahan kimia tertentu, hasilnya mereka bisa memperlihatkan reaksi alergi.

Inilah sebabnya Anda disarankan agar lebih berhati-hati dalam membeli sebuah produk. Cermati bahannya, dan cari tahu apakah bahan tersebut aman untuk kulit Anda dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading