Sukses

Beauty

Diet Bagi Penderita TBC

Ladies, tahukah jika pola makan yang sehat juga mempengaruhi kecepatan pemulihan penderita TBC? Dilansir oleh everydayhealth.com, memang benar jika hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan secara teratur lah pasien TBC aktif bisa sembuh. Namun, makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi kecepatan penyembuhan lo, Ladies.

Treatment penderita TBC merupakan pengobatan teratur jangka panjang. Penderita TBC harus mengkonsumsi obat yang tak boleh terlewatkan perharinya, selama sekitar satu tahun. Namun, penderita TBC akan cepat merasa lebih baik bila didukung dengan asupan makanan yang penuh nutrisi.

Seseorang yang kekurangan nutrisi atau seseorang yang berat badannya kurang dari yang seharusnya bisa saja penyakit TBC nya semakin parah. Mereka juga rentan terhadap kambuhnya penyakit TBC setelah pengobatan yang telah dilakukan. Kekurangan nutrisi atau malnutrisi menyebabkan kekebalan tubuh menurun, Ladies. Padahal tubuh harus sekuat mungkin untuk mempertahankan diri dari serangan bakteri.

Kurang gizi benar-benar dapat mendorong bakteri TBC aktif. Jika telah terkena TBC aktif, penyakit ini juga semakin memperburuk gizi seseorang. Hal ini berlangsung terus seperti itu. Jadi, untuk menjaga tubuh agar tetap siap melawan TBC. Seseorang harus mengatur pola makan dan asupan gizinya dengan benar.

Tubuh memerlukan vitamin, mineral, dan nutrien untuk berperang melawan bakteri TBC aktif dan mengembalikan stamina agar pulih kembali. Tubuh memerlukan makanan seperti sayuran dengan vitamin B, makanan yang terbuat dari biji-bijian, dan lemak tak jenuh.

 

Oleh : Isti

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading