Sukses

Beauty

Makanan yang Harus Dihindari Penderita TBC

Ladies, aupan gizi pada penderita TBC aktif juga harus diperhatikan lo. Tak hanya obat-obatan saja, asupan gizi juga mempengaruhi kecepatan kesembuhan penderita TBC aktif. Selain itu, jika seseorang yang telah terbebas dari TBC memiliki asupan gizi yang kurang, kemungkinan bakteri TBC dapat menyerang kembali. Asupan gzi yang cukup diperlukan seseorang untuk membentengi dirinya dari bakteri jahat yang berkeliaran.

Dilansir oleh everydayhealth.com, sebaiknya seorang penderita TBC aktif mengkonsultasikan keadaannya dengan dokter. Apakah ia kekurangan nutrisi atau telah cukup. Selain itu, ia juga perlu mengkonsultasikan masalah makanan apa-apa saja yang bisa menambah nutrisi secara bervariasi.

Menurut riset yang telah dilakukan suplemen energi dengan kandungan kalori tinggi sangaat baik bagi penderita TBC aktif degan berat badang kurang. Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menderita TBC aktif. Makanan ini dilarang karena mengandung zat yang tak diperlukan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

- Jangan mengkonsumsi tembakau dalam bentuk apapun

- Jangan mengkonsumsi alkohol. Alkohol dapat menambah resiko kerusakan hati dari obat-obatan yang dikonsumsi.

- Batasi meminum kopi dan minuman berkafein lainnya

- Batasi produk olahan seperti gula dan nasi putih

- Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, kolesterol tinggi. Ubah sumber protein ke daging unggas, kacang-kacangan, tahu, dan ikan.

Beberapa obat-obatan mungkin berpengaruh pada selera makan. Selera makan kemungkinan menjadi menurun, mudah mual atau muntah, dan kram perut.

Oleh : Isti

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading