Sukses

Beauty

Penyakit Kelamin Pria : Hidrokel (Bagian 1)

Ladies, banyak jenis penyakit kelamin pria yang mungkin belum Anda ketahui, bahkan mungkin Anda tidak pernah mendengarnya. Seperti penyakit yang akan dibahas kali ini, Hidrokel.

Dikutip dari en.wikipedia.org, hidrokel adalah sekumpulan cairan di dalam membran terdalam skrotum yang terjadi karena sebab yang tidak menentu. Sebenarnya hidrokel lebih sering ditemukan pada bayi yang baru lahir karena proses turunnya testis dari perut ke dalam skrotum, tidak berbahaya dan akan hilang sendiri dalam beberapa minggu.

Namun hal ini juga bisa terjadi pada pria dewasa, Ladies. Hidrokel juga bisa terjadi pada anak perempuan, namun lebih sering terjadi pada laki-laki. Pembesaran pada kantung skrotum juga tidak akan menimbulkan rasa sakit, hanya saja jika cairan terlalu banyak berada di kantung akan ada perasaan tidak nyaman karena bagian testis yang membesar.

Biasanya hanya satu sisi testis saja yang mengalaminya, namun tidak menutup kemungkinan keduanya mengalami hidrokel bersamaan. Berdasarkan www.patient.co.uk, kebanyakan hidrokel yang terjadi pada orang dewasa dialami oleh para pria berusia di atas 40 tahun.

Ladies, kebanyakan kasus tidak diketahui penyebabnya dan sebagian kecil terjadi dikarenakan ada yang salah dengan testis seperti infeksi, peradangan, luka atau tumor yang membentuk cairan yang pada akhirnya berkumpul membentuk hidrokel.

Kebanyakan hidrokel akan hilang sendiri jika ini terjadi pada bayi laki-laki atau saat masih anak-anak, namun ini agak sulit jika terjadi pada pria dewasa Ladies, sehingga dibutuhkan perawatan khusus.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading