KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Penyebab Penyakit Kulit Biduran (Bagian 1)

Sabtu, 10 Mei 2014 09:25 Penulis: ver
(c) vemale.com

Vemale.com - Ladies, pernahkah Anda mempunyai pengalaman tidak menyenangkan setelah makan makanan tertentu? Misalnya timbul rasa gatal tiba-tiba di sekujur tubuh atau semacamnya? Kondisi ini mungkin sering Ladies sebut dengan biduran. Nah, berikut ini dibahas tentang penyebab penyakit kulit biduran.

Biduran, atau dalam bahasa kedokteran disebut juga dengan urtikaria, merupakan kondisi kelainan kulit yang disebabkan oleh adanya alergi yang kemudian menimbulkan rasa gatal-gatal dengan bentol-bentol kemerahan di kulit, menurut www.webmd.com. Terkadang juga diikuti dengan rasa gatal terbakar dan panas.

Memang seringkali hal ini disebabkan oleh adanya alergi terhadap sesuatu, namun juga ada beberapa yang tidak disebabkan oleh alergi dan itu disebut dengan urtikaria idiopatik, Ladies. Biduran sendiri juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh saja, tapi seringkali malah muncul di seluruh tubuh, dimana saja bahkan lidah, bibir dan tenggorokan.

Biasanya jika Anda mengalami biduran biasa atau kategori ringan, dengan obat antibiotik atau obat anti alergi biasa saja sudah bisa diatasi dan kulit akan kembali seperti semula. Namun jika Ladies mengalami gatal-gatal biduran yang tidak kunjung sembuh hingga lebih dari sehari dan bahkan sampai berminggu-minggu, itu sudah termasuk urtikaria atau biduran akut.

Meskipun membutuhkan waktu lama dalam masa penyembuhan, dikutip dari laman en.wikipedia.org, sebagian besar kasus biduran akut dengan rasa gatal-gatal yang berlangsung kurang dari enam minggu masih merupakan hasil dari alergi kok Ladies.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Kesehatan Kulit
Video Skrin.id : Tatjana Saphira Bintangi Iklan Bareng Gong Yoo