Sukses

Parenting

Cara KB dengan Pil Berdampak pada Menambahnya Berat Badan

Ladies, pernahkah Anda mendengar rekan atau kerabat yang mengaku bertambah berat badannya setelah mengonsumsi pil sebagai cara KB? Nah, di sini Anda akan diajak untuk mengetahui kebenarannya secara medis tentang hubungan antara mengonsumsi pil KB dan penambahan berat badan.

Berdasar langsiran laman webmd.com, sebenarnya efek samping yang sering terjadi pada wanita yang mengonsumsi pil KB adalah pendarahan, nyeri pada payudara, mual, dan pusing. Hal tersebut pun sudah menjadi pengetahuan umum di kalangan wanita pengonsumsi pil KB sehingga sudah bisa mengatasinya.

Namun, jika Anda pernah mendengar bahwa ada wanita yang disebabkan dirinya mengonsumsi pil KB berat badannya bertambah, maka itu bukan dampak dari pil KB, loh. Berdasar penjelasan dari laman tersebut, wanita yang bertambah gemuk dikarenakan adanya penumpukan cairan.

Terbukti dengan dilakukannya 44 penelitian tentang hubungan antara pil KB dengan penambahan berat badan, hasilnya menunjukkan negatif. Artinya Ladies, tidak ada bukti bahwa karena pil KB bisa membuat Anda tambah gemuk.

Dijelaskan pula bahwa jika memang terjadi penambahan berat badan, hal tersebut tidak terjadi pada setiap orang, dan efeknya pun hanya sementara.

Nah Ladies, jika ternyata hal tersebut terjadi pada Anda, saudara Anda, atau kerabat dekat Anda, segera konsultasikan dengan dokter untuk mungkin berpindah ke cara KB yang lain atau berganti merek pil.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading