Sukses

Parenting

Cara KB dengan Spons Tak Beda dengan Kondom

Ladies, ketika Anda memilih alat kontrasepsi dengan cara KB, pertimbangan utama adalah efektivitas. Efektivitas adalah yang paling penting karena rekor efektivitas suatu jenis alat kontrasepsi dalam mencegah kehamilan menjadi bukti bahwa alat tersebut cukup terpercaya dalam membantu Anda melakukan kontrasepsi.

Nah Ladies, kini Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang spons yang juga termasuk dalam alat kontrasepsi. Bahwa efektivitas spons dalam mencegah kehamilan ternyata tidaklah jauh berbeda dengan kondom. Kehandalannya dalam mencegah kehamilan akan sangat baik ketika ia digunakan dengan benar sehingga secara sempurna sperma akan terhalangi masuk ke miss V.

Tak hanya itu, seperti yang dilangsir oleh laman plannedparenthood.com, efektivitas spons ini juga bergantung pada apakah wanita yang menggunakannya pernah melahirkan.

Jika wanita tersebut belum pernah melahirkan, semakin tinggi pula kemampuan spons tersebut dalam mencegah kehamilan. Hal ini kemungkinan karena kondisi serviks pada wanita yang belum melahirkan lebih kencang daripada yang sudah melahirkan.

Nah, dari kenyataan tersebut, jika Anda memutuskan untuk menggunakan spons sebagai alat kontrasepsi, mintalah pasangan Anda untuk juga menggunakan kondomnya. Hal ini untuk berjaga-jaga dan memperkecil kemungkinan terjadinya pembuahan.

Selain itu Ladies, ada kenyataan lain yang penting. Spons untuk kontrasepsi ini tidak mampu melindungi Anda dari penularan penyakit atau infeksi seksual. Oleh karenanya, jika Anda atau pasangan mengidap infeksi atau penyakit seksual yang menular, ingatlah selalu untuk menggunakan kondom lateks agar tidak beresiko tertular.

Cukup ribet ya, Ladies. Selain kurangnya efektivitas spons tersebut dalam mencegah kehamilan, pengguna masih beresiko tertular penyakit atau infeksi seksual menular.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading