Sukses

Parenting

Cara KB untuk Keadaan Darurat

Ladies, ketika sudah rindu dengan suami yang akhir-akhir ini kelimpungan dengan tugas-tugas di kantornya, maka seringkali yang terjadi adalah lupa. Eits, lupa di sini berarti lupa pada rencana awal untuk bercinta dengan cara aman atau cara KB. Namun, kadang setelah bertemu dengannya, bukan tidak mungkin kalau Anda langsung alpa, Ladies.

Nah, keadaan seperti itulah yang dinamakan keadaan darurat, Ladies. Jangan khawatir program Anda akan gagal karena Anda lupa melakukan tindakan pencegahan dengan cara KB, sebab ada pula ternyata cara KB yang disediakan untuk keadaan darurat.

Seperti langsiran laman ec.princeton.edu, cara KB yang cukup efektif untuk mencega kehamilan di saat yang emergency seperti ini adalah pil. Nah, ada beberapa jenis pil kontrasepsi yang bisa Anda pilih.

Jenis pil kontrasepsi pertama adalah yang mengandung hormon progestin buatan. Hormon tersebut bisa membantu mencegah kehamilan dengan berbagai cara, mulai dari menahan telur untuk terlepas, hingga menahan sperma yang telah masuk untuk membuahi telur. Dengan sistem kerja demikian, diperkirakan pil yang mengandung progestin saja bisa mencega kehamilan hingga 88%.

Selain yang hanya mengandung hormon progestin, ada juga yang mengandung dua hormon sekaligus; hormon estrogen dan hormon progestin. Namun, ternyata kemampuannya dalam mencegah kehamilan hanya 75%, lebih rendah dibandingkan dengan pil yang hanya berisi hormon progestin.

Selain itu, menurut pengalaman mereka yang sudah memilih pil dengan dua hormon tersebut, mereka lebih merasakan efek sampingnya, seperti mual dan muntahnya selama pil tersebut bekerja. Nah Ladies, setidaknya sekarang Anda tahu jenis pil yang bisa mencegah kehamilan ketika Anda lupa. Namun, jangan lupa untuk konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading