Sukses

Parenting

Manfaatkan Menyusui Sebagai Cara KB yang Manjur

Apakah Anda sekarang sedang memberi ASI intensif pada bayi Anda? Nah Ladies, hal yang perlu Anda tahu bahwa dengan menyusui, apalagi secara intensif, akan menjadi salah satu cara KB yang jarang-jarang bisa terjadi dan oleh karenanya harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kebanyakan orang tua akan menunda kehamilan setelah melahirkan. Biasanya, pasangan orang tua akan merencanakan untuk memiliki anak lagi setelah anak yang sebelumnya berusia setidaknya 2 tahun. Oleh karena itu, sebagian akan lebih memilih untuk menghindari bercinta atau memilih untuk menggunakan cara KB.

Ketahuilah Ladies, bahwa menyusui akan menjadi cara KB yang sangat manjur sebab pada saat tersebut tubuh wanita akan menghasilkan ASI dengan skala besar. Catatan pentingnya adalah ada hormon prolactin yang dihasilkan saat tubuh memproduksi ASI, yang ternyata menjadi ‘musuh’ bagi hormon untuk ovulasi, seperti saliran laman naturalfertilityandwellness.com.

Cara kerjanya adalah ketika tubuh menghasilkan hormon prolactin, hormon esterogen dan progesteron akan tertekan sehingga tidak memungkinkan untuk terjadinya ovulasi. Terlebih lagi, jumlah hormon progesteron yang kurang memadai untuk membentuk embrio menjadi sebab kehamilan susah dicapai.

Untuk itu Ladies, Anda tidak perlu bersusah payah untuk memikirkan cara KB saat sedang menyusui. Cukuplah Anda memberikan ASI terbaik bagi bayi Anda dengan menjaga pola hidup sehat. Namun, jika Anda ragu akan gagal, disarankan bagi Anda untuk menggunakan kondom sebagai cara KB, bukan pil.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading