Sukses

Parenting

Segera Minum Pil Darurat sebagai Cara KB Saat Terlupa

Lupa adalah sifat yang manusiawi, Ladies. Termasuk jika Anda lupa melakukan cara KB yang biasanya tidak seharusnya dilewatkan bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan, maka saat tersebut bukan pertanda bahwa semua usaha Anda selama ini akan berakhir sia-sia, masih ada harapan lain.

Caranya adalah meminum pil KB darurat. Di AS, seperti yang dilangsir laman kidshealth.com, pil yang disebut morning pill memang disediakan sebagai pil yang diminum oleh wanita ketika semalam lupa tidak menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu, ada juga yang sudah menggunakan seperti kondom, namun terjadi ‘kecelakaan’ seperti rusaknya kondom.

Meski jarang terjadi, namun memang disinyalir kondom pria lebih rentan rusak daripada kondom wanita. Nah Ladies, Anda dan pasangan tidak perlu risau sebab pil untuk keadaan darurat terbukti cukup efektif untuk mencegah kehamilan, bahkan beberapa merek mampu mencegah kehamilan meski diminum 5 hari setelah bercinta.

Eits, ingat ya Ladies. Mencegah kehamilan, bukan penyakit seksual. Jika ternyata pasangan Anda memiliki penyakit seksual yang kemungkinan menular, dan Anda ternyata tidak menggunakan pengaman, maka disarankan untuk segera menemui dokter dan meminta untuk dilakukan tes terhadap kemungkinan pada penularan.

Nah, untuk mengetahui jenis pil darurat mana yang cukup aman untuk tubuh Anda, jangan ragu untuk menanyakan dengan dokter. Jika Anda hanya menebak-nebak, pikirkan juga bahwa yang akan menanggung efek sampingnya adalah tubuh Anda, bukan dokter atau pasangan Anda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading