Sukses

Parenting

Spermisida, Cara KB yang Mencegah Kehamilan dengan Cara Berbeda

Ladies, bagi Anda yang sudah mengetahui cara kerja kondom atau pil sebagai cara KB mungkin menganggap bahwa mencegah kehamilan bisa dilakukan dengan dua hal saja; dari dalam (seperti pil) dan dari luar (seperti kondom). Namun ternyata ada juga loh yang mencegah kehamilan dari luar yang tidak hanya menghalangi masuknya sperma, tapi juga melumpuhkan.

Nah, tepat sekali jika Anda sudah mulai tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang informasinya sebab di sini Anda akan diberi tahu tentang cara kerja spermisida yang mengurangi kemampuan sperma untuk membuahi telur sehingga kehamilan bisa dicegah. Seperti langsiran laman plannedparenthood.com, ada dua tahapan kerja spermisida.

Setelah spermisida digunakan, ia akan langsung aktif bekerja. Ladies, yang tidak boleh Anda lupakan adalah spermisida bersifat seperti kondom yang mencegah sehingga harus digunakan sebelum berhubungan seksual.

Tahapan pertama adalah ia akan menutup atau memblokade jalanan menuju serviks, tempat pembuahan terjadi. Dengan demikian, sperma yang dikeluarkan pasangan tidak akan bisa masuk ke dalam ruangan tertutup tersebut apalagi mencapai telur.

Tahapan selanjutnya adalah melumpuhkan sperma. Dengan kemampuan spermisida, sperma yang terkena langsung dengannya akan berhenti dan tidak bisa melakukan pembuahan. Namun, sejauh ini menurut saliran laman tersebut efektivitas spermisida dalam mencegah kehamilan belum sempurna.

Ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan spermisida sebaiknya dimaksimalkan kinerjanya dengan menggunakan kondom juga. Prakiraan kemampuan spermisida ketika hanya sendiri adalah mencapai maksimal 80%.


Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading