Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi

Kapan terakhir kali Anda memeriksakan kesehatan gigi Anda? Hmm, masih banyak diantara kita yang belum benar-benar rutin memeriksakan kesehatan gigi ya kan? Jika memang kita tak memiliki cukup banyak waktu untuk memeriksakan gigi kita, ada baiknya kita melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk. Seperti yang dilansir oleh webmd.com, ada setidaknya 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi.

1. Kebanyakan Ngemil

Saat ngemil, saliva atau air liur yang dihasilkan akan lebih sedikit daripada saat makan besar. Apa akibatnya? Akibatnya adalah sisa-sisa makanan akan menempel di gigi dalam waktu yang lama, berjam-jam kemudian. Apalagi jika Anda suka makan camilan yang manis atau mengandung banyak gula. Jika Anda memang hobi ngemil, cobalah untuk selalu membersihkan atau menyikat gigi Anda setelah ngemil.

2. Minum Jus Buah

Jus buah memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan anti-oksidan. Sayangnya, kita masih sering memilih untuk minum jus yang dicampur dengan gula. Padahal buah suah memiliki kandungan gula yang cukup. Buah-buahan sudah manis, jadi jika Anda ingin minum jus buah, sebaiknya jangan menambahkan gula lagi ke dalamnya. Atau tambahkan air lebih banyak.

3. Membuka Bungkus atau Tutup Botol dengan Gigi

Gigi diciptakan untuk membantu kita mengunyah makanan dengan baik. Membuka tutup botol atau bungkus plastik dengan menggunakan gigi bisa membuat gigi kita retak atau malah patah.

4. Minum Soda dan Kopi

Soda bisa mengandung 11 sendok teh gula. Selain itu soda juga mengandung fosfat dan asam sitrat yang bisa menghilangkan enamel gigi. Bagaimana dengan diet soda? Diet soda mungkin mengandung sedikit gula, tetapi bisa mengandung lebih banyak asam dalam bentuk pemanis buatan. Dan untuk kopi, kopi bisa meninggalkan noda dan membuat gigi kita menjadi kuning.

5. Mengunyah Es Batu

Es batu memang bebas gula, tapi bukan berarti mengunyah es batu tidak memiliki dampak buruk. Mengunyah es batu bisa membuat gigi retak atau patah. Belum lagi suhu dingin es batu bisa membuat gigi jadi lebih mudah sensitif. Jika memang Anda sudah sangat ingin mengunyah es batu, Anda bisa menggantinya dengan permen karet bebas gula.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading