Sukses

Beauty

Bunga Tanjung Ampuh Mengobati Sakit Demam

Ladies, semua orang pasti pernah merasakn sakit demam selama hidupnya. Demam merupakan peningkatan suhu tubuh yang disebabkan oleh kelainan di batang otak itu sendiri atau akibat bahan toksik yang mempengaruhi pusat pengendalian suhu.

Bicara mengenai sakit demam, ternyata untuk menurunkan demam ini Anda bisa menggunakan bunga tanjung lho. Bunga tanjung ini tergolong salah satu bunga yang wangi, mudah rontok dan biasa oleh korang-orang dikumpulkan di pagi hari untuk mengharumkan pakaian, ruangan atau untuk hiasan. Bunga ini, dan aneka bagian tumbuhan lainnya, juga memiliki khasiat obat.

Bunga tanjung ini memiliki buah, saat masih muda buahnya berwarna hijau, dan kalau sudah masak berwarna kuning kemerahan, bisa dimakan dengan rasa manis agak sepat. Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala; daun yang dirajang sebagaimana tembakau, dicampur sedikit serutan kayu secang dan dilinting dengan daun pisang, digunakan sebagai rokok untuk mengobati sariawan mulut.

Dijelaskan pada situs jkhealthworld.com, air rebusan kulit batang digunakan sebagai obat penguat dan obat demam. Rebusan kulit batang dari bunga tanjung beserta bunganya digunakan untuk mengatasi murus yang disertai demam. Anda juga bisa membuat ramuan dengann bunga tanjung, seperti halnya dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu caranya ambil dua sendok makan bunga tanjung, keringkan, lalu seduh dengan air panas, beri gula batu. Minum secara teratur guna menurunkan demam.

Selamat mencoba, Ladies.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading