Sukses

Beauty

Ampuh! Pengobatan TBC dari Dalam Diri Pasien

Ladies, benar memang bahwa di dalam proses mengobati pasien membutuhkan tindakan medis seperti minum obat, injeksi obat, injeksi suplemen, dan lain sebagainya. Pengobatan TBC juga memiliki hal yang sama, namun ada beberapa metode yang bisa digunakan secara umum.

Sebagai diari dari laman stoptb.org yang telah merawat beberapa pasien TBC, tim dokter menulisnya untuk membagi pengetahuan dengan sesama mengenai pengalamannya menangani pasien. Di dalam tulisan ilmiah tersebut juga dilampirkan kisah nyata pasien TBC yang telah menempuh masa pengobatan hingga tuntas selama 6 bulan!

Dalam tulisan tersebut, disebutkan bahwa pengetahuan yang meyeluruh dan mendalam mengenai penyakit yang diderita, atau dalam hal ini TBC, dapat membantu menumbuhkan keyakinan bahwa pasien masih sangat mungkin untuk disembuhkan seperti sedia kala.

Seperti kebanyakan dokter telah mempraktikkan pengobatan dari dalam dengan memberi motivasi dan semangat kepada pasien, tim dokter tersebut juga telah melakukannya. Pada dasarnya, sumber motivasi ada dua yang bila digabungkan dapat membentuk suasana hati yang mendukung penyembuhan.

Pertama, pengetahuan yang cukup dari pasien mengenai penyakit tbc sangat mungkin disembuhkan bisa meyakinkan pasien bahwa dirinya akan smebuh dan sehat lagi seperti sebelumnya. Di samping itu, perlu juga pengertian bahwa pengobatanya tidak dalam waktu pendek.

Kedua, motivasi dari kerabat dekat dengan tidak meninggalkannya begitu saja juga turut membentuk suasana hati yang positif. Oleh karena itu, menjaga pikiran dan hati pasien agar tetap kondusif sama pentingnya dengan tertib menjalani terapi obat.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading