Sukses

Parenting

Cegah Pengobatan TBC dengan Vaksinasi! (Bagian 1)

Ladies, di berbagai tempat, langkah pencegahan selalu dialakukan terhadap datangya penyakit. Bila penyakit terlanjur datang, langkah medis pun harus diambil. Termasuk pengobatan TBC. Namun, bila kita mencegah datanyanya penyakit tersebut, kita juga bisa mencegah diri kita dari keharusan melakukan pengobatan.

Pencegahan penyakit tersebut bisa dilakukan dengan vaksinasi. Vaksinasi terhadap TBC memiliki banyak hal yang perlu Anda ketahui. Hal-hal tersebut mulai usia ideal, cara memberikan vaksin, dan siapa saja yang bisa diberi vaksin.

Pada laman nhs.uk, dijelaskan bahwa serangan bakteri TBC tidak melulu pada sistem pernafasan atau paru-paru pada kebanyakan kasus. Serangan penyakit ini bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti tulang belakang, persendian, dan ginjal. Pada kasus yang lebih parah, TBC bisa menyebabkan meningitis.

Biar kemungkinan bisa sangat parah dan fatal, penyakit TBC benar-benar bisa disembuhkan dengan total dengan pengobatan yang berkelanjutan. Namun, agar memperkecil peluangnya terjadi serangan itu, alangkah baiknya kita melakukan vaksinasi.

Bila harus vaksin pencegah TBC, siapa saja yang harus divaksin? Vaksin utnuk TBC sering dikenal dengan istilah BCG. Di Indonesia sudah banyak praktiknya, dan kepada siapa vaksin diberikan adalah pada manusia yang masih sangat muda atau usia bayi.

Tidak semua bayi perlu divaksin, namun penjelasan siapa saja bayi yang perlu mendapat vakin akan diuraikan dengan lengkap pada artikel selajutnya. So stay tuned, Ladies!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading