Sukses

Parenting

Cegah Pengobatan TBC dengan Vaksinasi! (Bagian 2)

Ladies, jumpa lagi pada edisi mencegah pengobatan TBC meski sebenarnya penyakit TBC lah yang dicegah. Sebagaimana diulas sebelumnya, orang-orang yang yang perlu divaksin adalah mereka yang masih dalam usia sangat muda atau bayi dan anak-anak.

Bagi Bunda, imunisasi pada baby Anda pasti sudah menjadi program yang harus Anda lakukan. Namun, BCG cukup dilakukan sekali tanpa harus melakukannya dengan program tertentu dan bertahap. Bahkan bayi yang perlu imunisasi BCG hanya sebagian saja.

Menurut laman nsh.uk, bayi yang perlu mendapat imunisasi BCG yang terjadwal dan intensif adalah mereka yang dipandang memiliki risiko tinggi terserang TBC. Terlebih lagi bayi-bayi yang lahir dan hidup di wilayah dimana risiko penyebaran bakteri TBC sangat tinggi. Hati-hati ya, Bunda.

Disamping itu, selain untuk bayi pribumi, imunisasi BCG juga perlu diberikan kepada anak-anak dari luar negeri yang tempat tinggal asalnya memiliki risiko penularan TBC yang cukup tinggi. Tidak hanya sampai di sini, Ladies. Anak-anak yang memiliki kontak intensif denga penderita TBC aktif juga perlu vaksin tersebut.

Namun, Ladies, vaksin BCG tersebut tidak diberikan kepada mereka yang berusia diatas 16 tahun hingga 35 tahun karena vaksin ini tidak dapat bekerja dengan baik pada manusia yang rentang usianya seperti tersebut di atas.

Bila ditelusuri lebih jauh, mereka yang membutuhkan vaksin pencegah TBC sangat banyak dan kelanjutannya diulas pada bagian ke tiga. Jangan sampai Anda melewatkannya Ladies!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading